FYI! Ahli Gizi Sebut Konsumsi 3 Nastar Sama dengan Sepiring Nasi

- Jumat, 31 Mei 2019 | 14:36 WIB
Pixabay
Pixabay

Seorang ahli gizi bernama dr Tirta Prawita Sari mengatakan bahwa mengonsumsi 3 nastar sama dengan mengonsumsi sepiring nasi. Hal itu dikarenakan kandungan nastar yang terbuat dari gula dan tepung putih yang sudah tidak berserat.

"Nastar ada bermacam-macam tergantung bahan yang dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Punya kalori yang sama dengan sepiring nasi," kata Tirta melansir Antara.

Tirta menjelaskan bahwa kandungan gizi kue kering yang dibuat dari tepung, gula, telur dan mentega berupa karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak. Zat gizi lainnya seperti vitamin dan mineral, menurut dia, tak terlalu banyak ditemukan pada kue kering.

"Problem kue kering terbuat dari gula dan tepung, kebanyakan tepung putih yang sudah tidak ada serat. Jadi, kue kering itu makanan kecil, tapi bicara zat gizi banyak kalori," ungkap Tirta.

Ia juga menyebutkan bahwa terlalu banyak memakan kue nastar bisa memicu naiknya kolestrol. "Bisa kolesterol karena menggunakan banyak mentega, banyak butter, yang mengandung lemak. Pemanasan transfat dapat memengaruhi kadar kolesterol,"  kata Tirta.

Oleh sebab itu, Tirta menyarankan tidak memakan nastar secara berlebihan. "Kalau bisa dihindari lebih baik dihindari. Kalau memang mau makan disesuaikan dengan kalori lainnya yang telah dikonsumsi," ungkapnya.

Sebagai informasi, sebutir kue putri salju dengan berat sekitar enam gram mengandung 22,5 kalori. Sementara itu, kue lidah kucing dengan berat 4 gram mempunyai kandungan sekitar 18 kalori. Dalam satu kaastengels dengan berat 5 gram memiliki kandungan 20,3 kalori.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X