Kasih Warning ke Jokowi, Rizal Ramli: Nyawa Lebih Penting dari Proyek
Presiden Joko WIdodo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A).
News

Kasih Warning ke Jokowi, Rizal Ramli: Nyawa Lebih Penting dari Proyek

Realokasi anggaran infrastruktur.

Senin, 30 Maret 2020 18:51 WIB 30 Maret 2020, 18:51 WIB

INDOZONE.ID - Ekonom senior Rizal Ramli mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalihkan pos anggaran proyek infrastruktur yang nilainya mencapai Rp430 triliun, untuk membiayai penanganan wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia.  

"Jangan gengsi. Gunakan uang proyek insfrastruktur Rp430 triliun, dana Saldo Anggaran Lebih (SAL) dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) yang kurang lebih Rp270 triliun untuk membantu kebutuhan pokok pekerja harian dan rakyat miskin. Ajak tentara, polisi, sopir ojol, RT/RW untuk distribusi makanan," kata Rizal Ramli di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Rizal menerangkan, selain itu rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota yang memakan biaya hingga Rp470 triliun sebaiknya dihentikan. Dampak pandemi virus corona terhadap perekonomian masyarakat kecil sangat terasa. 

"Misalnya, para buruh, tani, kuli bangunan sudah terancam menganggur. Begitu juga, pedagang sayuran, buah, penjaja makanan dan sektor informal juga banyak yang gulung tikar karena tak ada pembeli," ujarnya.

"Mereka semua butuh makan yang cukup dan harus ditolong pemerintah dan pengusaha yang peduli. Bertindaklah sekarang, act now," sebutnya.

Eks anggota tim panel ekonomi PBB itu menegaskan pengorbanan dimulai dari pemimpin. Oleh karenanya, pemimpin harus menjadi contoh dan membangun kredibilitas.

"Nyawa manusia lebih penting dari proyek," tandasnya.

Berdasarkan data per Senin ini, jumlah pasien positif virus corona menjadi 1.414 orang, sementara yang meninggal dunia menjadi 122 orang di seluruh Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Ivanrida
Murti Ali Lingga

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US