Jokowi Kasih PR ke Wishnutama soal Proyek 'Bali Baru'

- Rabu, 30 Oktober 2019 | 18:58 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama (kanan) dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengikuti rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (30/10/2019). (Antara/Wahyu Putro A)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama (kanan) dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengikuti rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (30/10/2019). (Antara/Wahyu Putro A)

Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar-Bekraf) yang dipimpin Wishnutama, untuk menyelesaikan proyek pembangunan lima lokasi pariwisata, yakni 'Bali Baru' pada 2020. 

Proyek Bali Baru tengah dipercepat pengerjaannya oleh Jokowi. Presiden ingin lima proyek destinasi pariwisata prioritas itu menjadi salah satu alternatif mendatangkan devisa.

Kelima lokasi yang dijadikan proyek Bali Baru adalah Danau Toba, Mandalika, Borobudur, Manado, dan Labuhan Bajo. 

"Kita konsentrasi dulu ke lima lokasi. Infrastrukturnya konsentrasi di situ, 'calendar of event'-nya konsentrasi di situ dan perbaikan produk-produk ekonomi yang berbasis rakyat, pariwisata yang berbasis rakyat tetap berada di lima lokasi tersebut," kata Jokowi saat rapat terbatas, di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (30/10).

Jokowi juga meminta pihak terkait menyelesaikan pembangunan infrastruktur Bali Baru, yang meliputi akses jalan, bandara, pelabuhan, serta produk-produk pariwisata hingga akhir 2020.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun diperintahkan melakukan penghijauan di lima kawasan proyek Bali Baru. Jokowi ingin sejumlah destinasi wisata yang dibangun itu memberikan dampak positif terhadap lingkungan. 

"Visi lingkungannya saya juga sudah perintah ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di situ disiapkan 'nursery', persemaian untuk menghijaukan kawasan-kawasan itu lebih baik juga bisa kita selesaikan," tutur Jokowi. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X