Posko Kesehatan Pondok Bahar Butuh Pampers dan Pembersih Lantai

- Jumat, 3 Januari 2020 | 19:16 WIB
Posko kesehatan siaga bencana dari UPT Puskesmas Pondok Bahar (Indozone/Ade Indra).
Posko kesehatan siaga bencana dari UPT Puskesmas Pondok Bahar (Indozone/Ade Indra).

Banjir yang melanda Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang sudah mulai surut sejak Jumat (3/1) pagi.

Namun, sebagian listrik di wilayah tersebut belum menyala. Warga diketahui mengandalkan listrik untuk memompa atau menarik air dari sumur.

Meski keadaan mulai membaik, polemik tetap muncul di masyarakat. Warga Kompleks Pondok Bahar mengeluh karena susahnya mencari air bersih.

Ditemui Indozone di Posko Kesehatan Siaga Bencana, Dokter Riri yang bertugas dari UPT Puskesmas Pondok Bahar menjelaskan, selain air bersih, warga juga masih butuh popok bayi, hingga produk pembersih lantai untuk membersihkan lumpur dan bau tak sedap setelah banjir. 

"Iya yang dibutuhkan adalah produk pasca-banjir, selain air bersih, Pampers benar-benar kurang, setiap ada pasien bawa anak kita pasti bagi pampers, lalu yang kedua produk-produk pembersih lantai. Kalau bantuan obat-obatan dan makanan sudah cukup," ujarnya.

Kasubag TU Puskesmas Pondok Bahar, Mukhlis, mengatakan warga sudah bisa mendatangi posko kesehatan. Dua hari sebelumnya, tim medis dari Puskesmas menjalankan sistem jemput bola atau memeriksa kesehatan dengan mendatangi warga yang berada di rumah-rumah.

"Di Pondok bahar kita ada 2 posko, dan 1 posko mobile (jemput bola), plus dua ambulans standby buat rujukan ke rumah sakit," ujar Mukhlis.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X