Dokter Sebut Motivasi Merupakan Faktor Penting Untuk Berhenti Merokok

- Jumat, 3 Mei 2019 | 18:03 WIB
(photo/DPA)
(photo/DPA)

Apakah kamu seorang pecandu rokok yang kesulitan untuk berhenti? Menurut dokter, faktor terpenting untuk lepas dari rasa candu rokok adalah motivasi, baik dari diri sendiri/dari orang lain.

"Meskipun istrinya marah-marah seperti apa, kalau dia tidak memiliki motivasi untuk berhenti merokok tetap akan susah," kata Feni dalam diskusi yang diadakan Jaringan Perempuan Peduli Pengendalian Tembakau (JP3T) di Jakarta, Kamis.

Feni mengakui bahwa perokok memang sangat sulit untuk berhenti merokok. Para pecandu merasa kreativitasnya menjadi terganggu saat mencoba berhenti merokok.

Bahkan ketika sudah mengidap penyakit paru pun, mereka masih tetap merasa tidak ada yang salah dengan perilaku merokok mereka.

"Pasien paru cenderung menyalahkan pabrik rokok dan mengatakan seharusnya pabrik rokok ditutup. Biasanya kemudian saya sampaikan mengapa dulu ketika masih sehat memilih untuk merokok," tuturnya.

Menurutnya, dampak fatal dari rokok terhadap kesehatan biasanya akan terlihat usai lebih dari 20 tahun merokok. Adapun penyakit yang sering diidap oleh perokok adalah paru, jantung, stroke, dan lain-lain.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X