Inilah Deretan Menteri Termuda Beberapa Negara di Dunia
photo/www.menaherald.com/Instagram/syedsaddiq/sebastiankurz
News

Inilah Deretan Menteri Termuda Beberapa Negara di Dunia

Jumat, 16 Agustus 2019 14:09 WIB 16 Agustus 2019, 14:09 WIB

INDOZONE.ID - Seiring berkembangnya zaman, pola pikir anak-anak muda mulai berubah dan lebih maju. Jika dulunya dominan berkutat dengan dunia pendidikan atau lainnya, kini generasi muda banyak yang tertarik dan berkecimpung di dunia politik.

Bisa kita lihat bersama akhir-akhir ini mulai bermunculan sejumlah partai politik dengan ideologi dan visi misi yang mengarah kepada generasi milenial. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga mengungkapkan adanya rencana pengangkatan menteri milenial yang berusia 25 hingga 30 tahun dalam pemerintahannya yang kedua.

Namun sebelum itu, beberapa negara di dunia sudah lebih dulu memiliki menteri dari kalangan generasi muda. Berikut ini dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Jumat (16/8), inilah deretan menteri termuda di beberapa negara yang ada di dunia:

1. Shamma binti Suhail Faris Al Mazrui

Menteri Shamma
photo/https://www.menaherald.com

Shamma binti Suhail Faris Al Mazrui adalah politisi Emirat yang saat ini menjabat sebagai Menteri Negara Urusan Pemuda di Uni Emirat Arab. Pada Februari 2016, ia diangkat menjadi menteri pemerintahan termuda di dunia. Saat itu usianya masih 22 tahun.

Shamma lahir dan besar di Abu Dhabi. Dia mendapat gelar sarjana Ekonomi dari New York University di Abu Dhabi. Sedangkan, gelar Magister Kebijakan Publik dari Oxford University berhasil diraihnya pada 2015 dengan menerima beasiswa Rhodes pertama dari Uni Emirat Arab.

2. Syed Saddiq Syed Abdul Rahman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Syed Saddiq (@syedsaddiq) on

Syed Saddiq Syed Abdul Rahman adalah seorang politikus dan aktivis muda dari Malaysia. Lahir pada 6 Desember 1992, Syed Saddiq diangkat menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia di usia 25 tahun. Dengan pencapaian itu, dia dinobatkan menjadi menteri kabinet termuda di Asia.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Dewan Rakyat Malaysia Muar dan Ketua Pemuda Malaysian United Indigenous Party atau Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), sebuah bagian dari koalisi Pakatan Harapan.

3. Sebastian Kurz

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sebastian Kurz (@sebastiankurz) on

Sebastian Kurz adalah seorang politikus Austria yang menjadi Menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi Austria. Pengangkatan tersebut terjadi pada tahun 2013 saat usianya masih 27 tahun. Di usia 31 tahun, Sebastian juga menjabat sebagai Presiden Austria setelah partai yang dipimpinnya memenangkan pemilu. Dengan begitu, Sebastian dinobatkan sebagai pemimpin termuda di Austria.

4. Mohammad bin Salman

Mohammad bin Salman diangkat menjadi Menteri Pertahanan Arab Saudi pada 23 Januari 2015. Saat itu, dia berusia 30 tahun. Mohammad bin Salman adalah putra dari Raja Salman. Saat ini, dia telah menjadi Putra Mahkota Arab Saudi.

Sebelumnya, Mohammad bin Salman meraih gelar sarjana hukum dari Universitas Raja Saud di Riyadh. Tahun 2011, dia mendirikan Yayasan Amal Mohammed bin Salman bin Abdulaziz atau dikenal dengan Yayasan MISK. Selama 10 tahun berkarir, Mohammad bin Salman tercatat sebagai menteri termuda di Arab Saudi.

TAG
Rizka
Rizka
Rizka

Rizka

Editor
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU