Demi Tamu Negara, Istana Tukar Rp1 Miliar dengan 18 Mercy

- Kamis, 17 Oktober 2019 | 14:31 WIB
Sejumlah kendaraan Mercedes-Benz dipamerkan di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10). (Antara/Bayu Prasetyo)
Sejumlah kendaraan Mercedes-Benz dipamerkan di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10). (Antara/Bayu Prasetyo)

Sejumlah tamu negara bakal hadir langsung dalam pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Gedung MPR, Minggu (20/10). 

Kepala negara yang dikonfirmasi hadir, antara lain dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Myanmar, dan Filipina. Adapun China dan Vietnam mengirim wakil kepala negara.

Sekretariat Negara kemudian menyiapkan sejumlah fasilitas demi menjamu para tamu negara. Salah satunya menyewa 18 unit mobil Mercedez-Benz (Mercy) yang harga totalnya sekitar Rp1 miliar. 

Mercy seri S450 dan E300 bakal digunakan para tamu negara selama di Jakarta. Ke-18 kendaraan itu telah terparkir di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, sejak Kamis ini. 

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan ke-18 Mercy yang disiapkan adalah unit baru meskipun berstatus sewa. 

"Ini menyewa, tapi persyaratannya kami minta yang baru," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis ini.

Dua jenis Mercy itu dipilih karena menunjang faktor kenyamanan dan keamanan. Seri S450 disiapkan untuk kepala negara atau selevelnya. Adapun E300 diperuntukkan bagi utusan kepala negara. 

Seluruh mobil itu disewa selama empat hari. Mobil bakal dipakai tamu negara mulai tiba di bandara, hingga balik ke pelabuhan udara untuk kembali ke negara asalnya. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X