Malam Ini, 68 Kru Kapal Diamond Princess Tiba di Bandara Kertajati 
Kapal Pesiar Diamond Princess tempat 68 WNI bekerja menjadi kru kapal (REUTERS/Athit Perawongmetha)
News

Malam Ini, 68 Kru Kapal Diamond Princess Tiba di Bandara Kertajati 

Mereka bebas dari virus corona.

Minggu, 01 Maret 2020 15:02 WIB 01 Maret 2020, 15:02 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 68 warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan kru Kapal Diamond Princess dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka, pada Minggu (1/3/2020) malam. 

Usai tiba di Bandara Kertajati, mereka akan langsung dibawa ke Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu untuk menjalani observasi. 

"Mereka akan menjalani transit observasi, yang direncanakan selama 28 hari," kata Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman dalam pernyataan tertulis dikutip dari Antara.

Para WNI tersebut dipulangkan dari Jepang menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airbus 330. Pesawat yang mengangkut mereka dijadwalkan bertolak dari Jepang pada Minggu pukul 18.00 waktu setempat.

Setelah tiba di Pulau Sebaru Kecil, sebagaimana awak Kapal World Dream, anak buah Kapal Diamond Princess yang sudah dinyatakan sehat tersebut akan menjalani observasi, yang antara lain mencakup pemeriksaan kesehatan rutin.

Proses observasi di Sebaru Kecil, kata Fadjroel Rachman, dilakukan di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, serta kementerian/lembaga terkait.

Sebelumnya, pemerintah mengevakuasi 238 WNI dari Provinsi Hubei, Tiongkok, dan menerapkan tahapan observasi pada mereka di Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Kemudian, pemerintah menjemput 188 WNI dari kapal pesiar World Dream yang sudah dinyatakan sehat dari Selat Durian, Kepulauan Riau, lalu membawa mereka ke Pulau Sebaru Kecil untuk menjalani proses observasi.

Fadjroel menyatakan bahwa seluruh WNI yang dievakuasi sudah dinyatakan bebas dari virus corona.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Yulia Marianti
Mula Akmal
JOIN US