Sempat Ditolak, Menkes Terawan Akhirnya Setujui PSBB Gorontalo

- Rabu, 29 April 2020 | 10:36 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (INDOZONE/Arya Manggala)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (INDOZONE/Arya Manggala)

Usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari Pemerintah Provinsi Gorontalo telah disetujui Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto. Keputusan itu ditetapkan pada 28 April 2020 dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/279/2020.

Kasus Covid-19 di wilayah tersebut telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus yang signifikan. Oleh sebab itu PSBB sudah harus ditetapkan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

PSBB tersebut ditetapkan setelah dilakukan proses kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya oleh tim teknis.

''PSBB untuk Gorontalo sudah disetujui, artinya pemerintah daerah Gorontalo sudah bisa menerapkan PSBB di wilayahnya,'' ucap Terawan dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip Indozone, Rabu (29/4/2020).

Selanjutnya pemerintah setempat wajib melaksanakan PSBB dan secara konsisten mendorong serta menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. PSBB tersebut dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran.

Seperti diberitakan sebelumnya, PSBB yang diajukan Pemerintah Provinsi Gorontalo pada 15 April lalu sempat ditolak oleh Menkes Terawan. Hal itu diputuskan setelah dilakukan kajian epidemiologi dan aspek lainnya oleh tim teknis, dan berdasarkan pertimbangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

''Setelah dilakukan kajian epidemiologi, kami belum bisa menetapkan PSBB di Gorontalo,'' kata Menkes Terawan dalam situs resmi Kemenkes yang dikutip Indozone, Senin (20/4/2020).

Artikel menarik lainnya

Dihujat Karena Konten Batalkan Puasa, YouTuber Ini Klarifikasi Permintaan Maaf

Viral Video Pria Ditegur karena Tak Pakai Masker, Malah Pukul Pegawai Minimarket

Tiru Aksi Panggung Michael Jackson, Pria Ini Nekat Hadapi Hujan Badai

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X