Wabah Virus Corona, Pasar Tanah Abang Ditutup

- Kamis, 26 Maret 2020 | 21:08 WIB
Pedagang pasar Tanah Abang mengeluhkan penurunan omzet drastis dibandingkan kondisi biasa setelah penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Pedagang pasar Tanah Abang mengeluhkan penurunan omzet drastis dibandingkan kondisi biasa setelah penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya menutup sementara seluruh gerainya di kawasaan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus corona (Covid-19).

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, mengatakan penutupan itu meliputi Pasar Tanah Abang Blok A, B, dan F. Adapun Blok G masih buka. Namun, terbatas kepada pedagang yang berjualan jenis bahan pangan.

"Penutupan dilakukan besok, 27 Maret-5 April, seluruh aktivitas perdagangan di pasar tersebut kita liburkan sementara, ini merupakan salah satu langkah pencegahan dan penyebaran Covid-19, terkecuali di Blok G boleh berjualan khusus bahan pangan saja," kata Arief, Kamis (26/3/2020).

Arief mengatakan, Pasar Tanah Abang angka pengunjungnya naik tajam setiap jelang bulan suci Ramadhan. Pengunjung tidak hanya dari Jakarta, melainkan dari luar daerah hingga mancanegara. 

"Sehingga perlu dilakukan pembatasan agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah di pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut," ujarnya. 

Dia menambahkan, terkait penutupan ini manajemen Pasar Jaya sudah melakukan komunikasi dengan para pedagang terlebih. Terlebih menjelang Ramadhan merupakan waktu yang sangat penting bagi pedagang berjualan karena penjualan dagangan cukup banyak daripada hari biasanya. 

"Kita sampaikan beberapa hal untuk adanya pengertian bersama di antara para pedagang dan juga manajemen, untuk ini baik pedagang dan manajemen sepakat menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut," jelasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X