The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Rumah Sakit Darurat Virus Corona, Wisma Atlet Disemprot Disinfektan
Wisma Atlet Kemayoran disulap menjadi Rumah Sakit Darurat Virus Corona dan sudah bisa digunakan mulai Sabtu (21/3/2020) malam. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
News

Jadi Rumah Sakit Darurat Virus Corona, Wisma Atlet Disemprot Disinfektan

Dipakai mulai Sabtu malam.

Sabtu, 21 Maret 2020 12:59 WIB 21 Maret 2020, 12:59 WIB

INDOZONE.ID - Wisma atlet di Kemayoran, Jakarta, akan dijadikan rumah sakit darurat untuk pasien virus corona (Covid-19). Wisma ini dikabarkan sudah bisa digunakan mulai Sabtu (21/3/2020) malam.

Hal ini disampaikan langsung Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Ini merupakan upaya pemerintah menyiapkan infrastruktur pendukung dalam waktu yang relatif singkat.

"Wisma Atlet Kemayoran dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 dan juga sebagai rumah isolasi pada Sabtu malam," kata Jokowi.

Persiapan pun sudah dilakukan agar wisma atlet siap digunakan. Salah satunya dengan menyemprotkan disinfektan. 

Seperti dilansir Antara, Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan di dua menara Wisma Atlet Kemayoran, Sabtu (21/3/2020) siang. Ada sekitar 100 liter virkon dan 1000 liter klinsit yang digunakan.

Wisma Atlet Kemayoran
Sejumlah polisi berkoordinasi di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/3/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

"Penyemprotan dimulai jam 11 siang dengan 36 petugas, mereka dibagi ke dalam dua tim," kata Kepala PMI Jakarta Pusat, Edo.

Seperti diketahui, empat menara Wisma Atlet Kemayoran disiapkan sebagai Rumah Sakit Darurat Virus Corona. Empat menara itu terdiri dari menara 1, 3, 6 dan 7 yang semuanya berada di Blok D10. 

Setiap menara memiliki 650 unit dan menampung 1.750 orang. Khusus untuk menara 7 akan dibagi menjadi beberapa fungsi. Selain dijadkna ruang rawat inap pasien, juga ada ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), Intensive Care Unite (ICU) dan ruang refresing.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US