Cek Fakta: Benarkah Para Gajah Ini Minum Alkohol dan Tidur di Kebun Teh?

- Sabtu, 21 Maret 2020 | 15:53 WIB
Potret gajah yang disebut mabuk usai minum wine jagung (Twitter/@LiquidFaerie)
Potret gajah yang disebut mabuk usai minum wine jagung (Twitter/@LiquidFaerie)

Beredar di media sosial penampakan para gajah yang berada di sebuah kebun teh milik warga di Yunan, Tiongkok. Ada sekitar 14 gajah yang berhasil terekam oleh kamera drone.

Narasi beredar menyebutkan bahwa para gajah ini tak sengaja meminum 30 liter wine jagung. Alhasil, mereka pun mabuk dan tertidur di perkebunan teh tersebut. Banyak netizen merasa gemas dengan ulah para gajah ini.

Sayangnya, ini adalah informasi hoax. Aparat di daerah Yunnan mengatakan foto ini bukan memperlihatkan gajah yang sedang mabuk wine jagung, tapi gajah yang sedang beristirahat saja.

Dilansir dari Daily Mail, Long Yunhai, selaku deputy director dari Menghai Forestry and Grassland Administration, menegaskan bahwa informasi yang beredar di media sosial tentang gajah mabuk adalah informasi salah.

Para gajah ini tidak "mabuk-mabukan" di kebun teh, tapi justru memasuki pemukiman warga desa. Para gajah ini bahkan menyebabkan sejumlah kerusakan pada rumah penduduk.

Otoritas di Jiangcheng Hani dan daerah otonom Yi di Pu'er, daerah yang berjarak 185 mil dari Menghai, mengatakan satu grup gajah juga mengunjungi perkebunan teh dan dua dari mereka direkam dengan drone sedang berbaring di tanah.

-
Gerombolan gajah memasuki pemukiman penduduk (Asia Wire)

Otoritas Pu'er mengklaim bahwa tidak ada satupun gajah tersebut yang mabuk.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X