Materi yang Pancarkan Radiasi Nuklir Ditemukan di Pemukiman Warga
Ilustrasi penanganan radioaktif. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
News

Materi yang Pancarkan Radiasi Nuklir Ditemukan di Pemukiman Warga

Kok Bisa?

Sabtu, 15 Februari 2020 17:52 WIB 15 Februari 2020, 17:52 WIB

INDOZONE.ID - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) bersama Badan Tenaga Aton Nasional (Batan) menemukan materi menemukan materi yang memancarkan radiasi nuklir di pemukiman warga di Serpong, Tangerang Selatan. Materi tersebut sudah diamankan dan diperiksa di laboratorium Batan. 

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, mengatakan pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut sumber materi yang memancarkan radiasi nuklir tersebut. Bapeten juga tengah menelusuri bagaimana materi tersebut bisa ada di pemukiman warga. 

"Logikanya kan tidak mungkin tiba-tiba ada di situ. Pasti ada yang membuang atau meletakkan di situ, entah sengaja atau tidak," kata Indra seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, Bapeten mengeluarkan pernyataan telah ditemukan paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Serpong, Tangerang Selatan. Telah dilakukan uji fungsi di beberapa area pada 30-31 Januari 2020.

Indra menyampaikan, paparan radioaktif di Serpong, Tangerang Selatan, tak akan meluas. Radiusnya hanya 10 meter kali 10 meter yang ada di lokasi. 

Bapeten dan Batan pun telah mengeruk tanah yang terkontaminasi. Paparan radiasi pun sudah turun meski masih di atas ambang batas normal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Wirawan Kusuma

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU