BPIP Gandeng Mabesad Gelar Diklat Ideologi Pancasila Terpusat
Diklat Ideologi Pancasila Terpusat BPIP dan Mabesad. (Pendim 0505/JT)
News

BPIP Gandeng Mabesad Gelar Diklat Ideologi Pancasila Terpusat

Tingkatkan profesionalitas aparat teritorial.

fauzi
Jumat, 08 November 2019 08:47 WIB 08 November 2019, 08:47 WIB

INDOZONE.ID - Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) bekerja sama dengan Markas Besar TNI AD (Mabesad), menggelar 'Diklat Mental Ideologi Pancasila Bagi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Terpusat' di ballroom Hotel Four Points, Medan, Sumatera Utara pada 4-8 November 2019.

Plt. Kepala BPIP Hariyono menjelaskan, pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, harus terus ditingkatkan. Sebab, pemahaman dan pengamalan harus diwariskan juga kepada generasi penerus di berbagai daerah. 

"Oleh karena itu, diperlukan kemampuan Babinsa yang berwawasan dan berpengetahuan ideologi Pancasila, untuk melaksanakan pembinaan teritorial dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan," jelasnya dalam keterangan yang diterima, Jumat (7/11).

Sementara itu, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M.S Fadhilah menerangkan, sebagai garda terdepan TNI AD dalam melakukan pembinaan teritorial di wilayah masing-masing, Babinsa diharapkan mampu mengaplikasikan lima kemampuan teritorial-nya dengan maksimal.

babinsa, bpip, mabesad, tni ad
Diklat Ideologi Pancasila Terpusat BPIP dan Mabesad. (Pendim 0505/JT)

"Kemampuan temu cepat dan lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial," paparnya.

Ia menambahkan, lewat diklat terpusat ini diharapkan TNI AD bisa memiliki Babinsa yang berkarakter, berintegritas, serta kemampuan berpikir, merumuskan, melaksanakan tugas dan mengambil keputusan dalam pelaksanaan tugas komando kewilayahan dengan profesional.

Diklat mental ideologi terpusat kali ini diikuti oleh perwakilan Babinsa dari 92 Kodim se-Indonesia. Dalam kesempatan ini, Kodim 0505/Jakarta Timur diwakili oleh Pelda Doni Hermawan, bersama-sama dengan Babinsa lain jajaran Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU