Menteri Teten Ingin Ubah Citra Koperasi demi Mahasiswa

- Senin, 11 November 2019 | 13:57 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengaku bakal membuat program untuk mengubah citra koperasi demi mahasiswa (Antara/Nova Wahyudi).
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengaku bakal membuat program untuk mengubah citra koperasi demi mahasiswa (Antara/Nova Wahyudi).

Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, mengaku bakal membuat program untuk mengubah citra koperasi demi menggaet minat kaum milenial, khususnya mahasiswa

"Sekarang itu koperasi dianggap pemain kelas pinggiran. Padahal banyak yang bagus dan bisa bersaing mengerjakan proyek infrastruktur pemerintah,” kata Teten melalui keterangan tertulis, Senin (11/11).

Kementerian KUKM pun bakal berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia (Forkom-KBI). Teten berharap forum itu menjadi wadah bagi para koperasi besar yang sehat. 

"Ada banyak koperasi yang berkualitas di Indonesia. Itu patut diperkenalkan kepada kaum muda terutama mahasiswa. Itu bisa memotivasi mereka untuk turut terlibat dalam pengembangan koperasi di lingkup masing-masing," tutur Teten. 

Di sisi lain, pelaku koperasi menyambut baik program Kementerian KUKM. Ketua Kospin dan Pembiayaan Syariah Pracico Inti Utama, Djamil Hasyim, menganggap penting sosialisasi kepada generasi muda karena stigma negatif koperasi sudah lama melekat. 

“Kita perlu mengomunikasikan kepada masyarakat terutama anak-anak muda. Koperasi itu bukan seperti jaman dulu yang dipandang sebelah mata. Ke depan perlu kita tonjolkan bahwa koperasi harus menjadi paling depan dalam membangun ekonomi Indonesia,” ujar Djamil.

Pengamat koperasi Irsyad Muchtar, dalam buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017, menjelaskan koperasi bisa meraup aset Rp7,03 triliun dan volume usaha Rp4,6 triliun. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X