Nadiem Makarim Angkat Topi untuk Muhammadiyah

- Selasa, 19 November 2019 | 06:30 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim memuji peran Muhammadiyah dalam memajukan pendidikan di Tanah Air (Antara/Wahyu Putro A).
Mendikbud Nadiem Makarim memuji peran Muhammadiyah dalam memajukan pendidikan di Tanah Air (Antara/Wahyu Putro A).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, memuji peran Muhammadiyah dalam mencerdaskan bangsa lewat sektor pendidikan dan tata sosial di masyarakat.

Nadiem Makarim pun turut merasakan semangat perjuangan pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan, dalam berdakwah demi menciptakan kaum intelektual di Tanah Air. 

"Semangat dakwah mencerdaskan kehidupan bangsa yang ditanamkan KH Ahmad Dahlan satu abad yang lalu, telah memberikan angin perubahan bagi bangsa Indonesia yang merdeka, maju dan terdidik," kata Nadiem Makarim pada acara Milad ke-107 Muhammadiyah, di Sportorium UMY, Senin (18/11).

Nadiem Makarim menilai Muhammadiyah memiliki ciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yang lebih maju serta terdidik. Dia pun kagum dan mengapresiasi perjuangan semua warga Muhammadiyah dalam membangun upaya pembaharuan kehidupan masyarakat, khususnya dengan penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik. 

"Selain itu, Muhammadiyah menampilkan ajaran Islam, bukan sekadar agama yang bersifat pribadi dan statis, tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspeknya," tutur Nadiem Makarim.

Nadiem Makarim juga mengapresiasi peran Muhammadiyah dalam memberikan layanan kesehatan dan sosial. Menurut Mendikbud, banyak sekali pemimpin-pemimpin yang hanya berbicara mengenai berbagai macam impian, dan berbagai macam misi. 

"Akan tetapi, Muhammadiyah menunjukkan dengan tindakan yang riil, dia berhasil menciptakan bakti sosial, saya salut sama Muhammadiyah untuk bergerak dulu," tutur Nadiem Makarim.

Gerakan organisasi Muhammadiyah dalam bidang pendidikan juga terus berkembang. Salah satunya melalui 20.000 PAUD yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"Dari situlah masa-masa emas, di mana kita akan membentuk pemimpin-pemimpin masa depan kita. Indonesia tidak akan mungkin maju tanpa PAUD yang baik," ujar Nadiem Makarim. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X