Melihat 10 Downing Street, Kediaman Resmi PM Inggris Boris Johnson

- Rabu, 24 Juli 2019 | 14:04 WIB
Boris Johnson. (Reuters/Hannah McKay)
Boris Johnson. (Reuters/Hannah McKay)

10 Downing Street bakal memiliki penguasa baru, setelah terpilihnya Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris. Ya, 10 Downing Street merujuk pada kediaman resmi sekaligus kantor bagi Perdana Menteri Inggris. Serta, tempat untuk menjamu tamu Kerajaan Inggris.

Sejak tahun 1735, 10 Downing Street menjadi bangunan politik paling penting dan berpengaruh, sekaligus paling dilindungi di dunia pada era moderen. Berbagai keputusan penting politik dunia pernah diambil di sini, termasuk Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Jauh sebelumnya, seperti dilansir www.gov.uk, kawasan Downing Street merupakan area pemukiman bagi Romawi kuno, Anglo-Saxon dan Norman, sekaligus menjadi pusat pemerintahan sejak lebih dari 1000 tahun lalu, dan tetap bertahan hingga masa moderen saat ini.

-
Reuters/Hannah McKay

 

10 Downing Street menjadi kediaman resmi Perdana Menteri Inggris saat Raja George II memberikan rumah tersebut kepada Sir Robert Walpole, Perdana Menteri pertama Inggris di tahun 1732. Namun, Walpole tidak menggunakannya sebagai rumah pribadi, melainkan rumah dinas.

Di 10 Downing Street, Perdana Menteri berkantor di lantai 1, sementara lantai 2 menjadi kediaman resmi bersama keluarga. Sebagai bangunan bersejarah, 10 Downing Street memiliki beberapa bagian penting dan terkenal. Berikut beberapa di antaranya: 

Enterance Hall

-
Official White House Photo/Shealah Craighea


Setelah foto bersama di depan pintu masuk ikonik 10 Downing Street, tamu kenegaraan biasanya juga foto bersama di sudut dalam Enterance Hall, dengan lantai khas berwarna hitam-putih. Yang menarik, pintu 10 Downing Street hanya bisa dibuka dari dalam. 

Cabinet Room

-
US Department of State


Ini merupakan ruang rapat utama Perdana Menteri dengan anggota kabinetnya. Banyak keputusan-keputusan penting yang diambil di ruangan ini, termasuk saat terjadi Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Beberapa bagian ruangan masih seperti sejak tahun 1732.

Pillared State Drawing Room

-
Official White House Photo/Pete Souza


Ruang ini merupakan ruang tamu terbesar di 10 Downing Street yang memiliki beberapa ruang tamu negara, atau dikenal State Drawing Rooms. Ruangan ini dibangun pada tahun 1769. Biasanya, ruangan ini disinggahi tamu negara sebelum menuju ruang makan negara.

White State Drawing Room

-
US Department of State/Ron Przysucha


Sampai dengan medio 1940-an, ruang ini digunakan oleh Perdana Menteri untuk bertemu secara pribadi dengan tamunya. Belakangan, ruangan ini dipakai untuk wawancara antara Perdana Menteri Inggris dengan tamu negara.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X