Wah! Mahasiswa UI Juara Umum Festival Tari di Perancis

- Kamis, 25 Juli 2019 | 10:02 WIB
Dok. Humas UI
Dok. Humas UI

Kabar membanggakan datang dari mahasiswa Universitas Indonesia (UI). 30 Mahasiswa dari Fakultas Psikologi yang tergabung dalam kelompok peminatan Tari Kencana Pradipa berhasil meraih Juara Umum dalam ajang The 15th International Competition and Festival of Folklore Etoiles de Paris, yang diselenggarakan di Perancis.

Ketua Tim Mis Budaya Kencana Pradipa 2019, Rara Anindita mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan dukungan yang luar biasa dari berbagai pihak, termasuk dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis.

Kompetisi budaya internasional ini diselenggarakan di Theatre Le Poc, Salle de Spectacle, Prancis. Tim membawakan 2 dari 7 tarian, yaitu Tari Padang Persembahan dan Silat Randai dan juga tari Ratoeh Jaroe dari Aceh.

Ratoh Jaroe sendiri merupakan tari kreasi yang berasal dari Aceh. Tarian ini dimainkan penari perempuan yang berangkat dari unsur kebersamaan dan kekompakan. Penamaan Ratoh Jaroe berasal dari kata Ratoh yang berarti berzikir dan Jaroe yang berarti tangan yang bila diartikan keduanya berarti berzikir atau bernyanyi sambil memainkan gerak tangan.

Sementara itu, tari Randai didasari dari beberapa silat Indonesia dan lebih terinspirasi pada kesenian randai yang berada di Sumatera Barat. Tarian ini sendiri merupakan tarian kreasi baru yang dibuat oleh pelatih tim.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X