4 Pesawat Karya BJ Habibie Yang Buat Indonesia Bangga

- Kamis, 12 September 2019 | 16:32 WIB
Wikipedia/Defense Studies
Wikipedia/Defense Studies

Pada Rabu (11/09/19) Indonesia dirundung duka atas kepergian bapak teknologi, BJ Habibie. Presiden RI ke 3 ini meninggal di usia 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. BJ Habibie adalah sosok yang dikenal sebagai orang yang jenius dan memiliki kontribusi yang sangat besar dalam dunia penerbangan. Nah, berikut ini ulasan sejumlah karya BJ Habibie.

1. Pesawat N-250

-
wikipedia

 

Pesawat N-250 adalah pesawat penumpang sipil yang dirancang asli IPTN yang kini berubah menjadi PT Digantara Indonesia. BJ Habibie mempertimbangkan pembuatan pesawat ini karena salah satu saingannya Fokker F-50  sudah tidak diproduksi lagi sejak keluaran perdananya 1985.

2. Pesawat R-80

-
Defense Studies

 

Pesawat ini dirancang dengan teknologi terbaru dan super canggih dengan tingkat keamanan ynag tinggi bagi penumpang. Pesawat R80 dirancang oleh PT Regio Aviasi Industri yang didirikan oleh BJ Habibie. Pesawat ini adalah pesawat lanjutan dari N-250.

3. Pesawat C-130 Hercules

-
TNI AU

 

Pesawat tempur ini punya empat turboprop sayap tinggi (high wing) yang bertugas sebagai pesawat angkutan militer utama untuk pasukan militer di berbagai belahan dunia. Kini ada lebih dari 40 model hercules termasuk beberapa kapal senapan yang digunakan lebih dari 50 negara.

4. Dornier Do 31

-
Instagram/@therestlessmonk

 

Pesawat jenis Dornier Do 31 ini merupakan jet transportasi eksperimental VTOL Jerman Barat yang dibangun oleh Donier. Pesawat ini dirancang untuk memenuhi spesifikasi NATO (BMR-4) untuk pesawat dukungan taktis untuk pesawat strike serangan VTOL VJ EWR 101 dirancang di bawah kontrak NATO daru BMR-3. Sayangnya, proyek ini dibatalkan pada tahun 1970 karena tingginya biaya, masalah teknis dan perubahan persyaratan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X