Sempat Anjlok 5%, Harga Minyak Hari Ini kembali Melambung

- Kamis, 25 Juni 2020 | 11:58 WIB
Ilustrasi industri minyak (Pexel/ Life of Pix)
Ilustrasi industri minyak (Pexel/ Life of Pix)

Harga minyak menguat pagi ini, setelah anjlok lebih dari 5% pada sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan cepat kasus virus corona (Covid-19) dapat menghambat pemulihan permintaan bahan bakar. Tetapi volume perdagangan hari ini relatif tipis dengan pasar Tiongkok ditutup untuk libur nasional hingga Jumat.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), patokan Amerika Serikat (AS), naik 12 sen, atau 0,3%, menjadi US$38,13 per barel pada pukul 08.29 WIB, setelah merosot US$2,36 pada penutupan Rabu, demikian dikutip dari Reuters, Kamis (25/6/2020).

Sementara itu, patokan internasional, minyak mentah berjangka Brent, meningkat 5 sen, atau 0,1%, menjadi US$40,36 per barel, setelah jatuh US$2,32 pada sesi Rabu.

Sehari sebelumnya, kontrak patokan itu menembus harga tertinggi sejak awal Maret, tepat sebelum penguncian akibat pandemi virus corona dan perang harga Saudi-Rusia menghantam pasar.

Aksi jual Rabu terjadi setelah data pemerintah Amerika menunjukkan stok minyak mentah melonjak 1,4 juta barel, mendorong persediaan ke rekor tertinggi untuk minggu ketiga berturut-turut, pekan lalu.

Namun analis mengatakan itu sebagian besar disebabkan kargo Saudi yang dipesan Amerika meningkat ketika harga merosot pada periode Maret. Pengiriman tersebut akan segera menyusut.

Di sisi positif, data Amerika menunjukkan peningkatan yang sehat dalam permintaan tersirat untuk bensin, kata Kepala Riset Komoditas National Australia Bank, Lachlan Shaw.

Pasokan bensin, proksi untuk permintaan, melonjak 9% dari pekan sebelumnya, dan stok bensin Amerika turun 1,7 juta barel, tutur Badan Informasi Energi, penarikan yang lebih besar dari estimasi para analis.

Tetapi kekhawatiran tentang gelombang kedua kasus Covid-19 di beberapa negara bagian AS, di mana penguncian dilonggarkan, dan penyebaran infeksi yang cepat di Amerika Selatan serta Asia Selatan diperkirakan menekan permintaan bahan bakar.

Kekhawatirannya adalah bahkan jika penguncian dilonggarkan, orang akan tetap di rumah karena risiko kesehatan yang dirasakan.

"Tren terbaru di sana tidak menggembirakan," kata Shaw Stephen Innes, analis AxiCorp. 

Ia juga mengatakan data mobilitas dari Google menunjukkan driving  di Texas, Florida dan sampai batas tertentu California terlihat mendatar.

Dalam pengingat lain dari masalah permintaan bahan bakar, maskapai Australia, Qantas Airways, Kamis, memperkirakan sedikit kebangkitan dalam perjalanan internasional hingga setidaknya Juli 2021, ketika memangkas seperlima dari tenaga kerjanya dan mengandangkan 100 pesawat.

"Ini menyoroti kenyataan bahwa kita berbicara bertahun-tahun sebelum penerbangan internasional pulih kembali - mungkin tiga hingga empat tahun," kata Shaw. 

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X