Malu! Ada Orang Indonesia Diduga Buang Sampah Sembarangan di Jepang

- Minggu, 28 Juni 2020 | 12:38 WIB
Orang Indonesia diduga buang sampah di Jepang (TikTok/hassanhans)
Orang Indonesia diduga buang sampah di Jepang (TikTok/hassanhans)

Salah satu budaya masyarakat Jepang yang membuat dunia terkagum-kagum adalah rasa disiplin dan ogah membuang sampah sembarangan.

Warga Jepang telah dididik sejak kecil untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Bahkan, sistem pembuangan sampah di Jepang harus dipisah-pisahkan.

Dengan begitu, sampah bisa ditentukan apakah benar-benar harus dibuang atau masih bisa didaur ulang. Banyak traveller yang mengakui bahwa sulit menemukan sampah di Jepang, termasuk dituturkan oleh traveller asal Indonesia bernama Mas Kasan ini.

Dalam perjalanannya ke Jepang, Mas Kasan mengatakan dia belum sekalipun menemukan sampah yang dibuang sembarangan. Sekalinya ketemu, hal ini langsung membuatnya kesal sekaligus malu.

Ternyata, sampah tersebut merupakan bungkusan camilan kacang yang merupakan produk dari Indonesia, dan juga beberapa bungkusan sambal. Mas Kasan hanya bisa geleng-geleng kepala melihatnya.

Besar kemungkinan, sampah tersebut dibuang oleh orang Indonesia yang berkunjung ke Jepang. Mas Kasan mengingatkan jika suatu saat berkunjung ke Jepang, jangan membuang sampah sembarangan.

Biasakan membuang sampah pada tempatnya, atau menyimpan sampah itu terlebih dahulu dan membuangnya di tempat yang sudah disediakan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X