Masih Trauma, Banyak Korban Gempa Mamuju Masih Bertahan di Tenda Darurat

- Sabtu, 23 Januari 2021 | 19:27 WIB
Kondisi tenda darurat warga yang masih bertahan mengungsi di Stadion Manakarra Mamuju, Sabtu (23/1). (photo/ANTARA/Amirullah)
Kondisi tenda darurat warga yang masih bertahan mengungsi di Stadion Manakarra Mamuju, Sabtu (23/1). (photo/ANTARA/Amirullah)

Sejumlah warga korban gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, masih bertahan di sejumlah posko-posko pengungsian di daerah itu.

Dari pantauan pada Sabtu  sore di salah satu kamp pengungsi di kawasan Stadion Manakarra Mamuju terlihat, tenda-tenda pengungsi masih dipenuhi warga yang tetap bertahan karena khawatir masih terjadi gempa susulan.

"Saya bersama keluarga masih akan tetap bertahan di sini (Stadion Manakarra Mamuju) sampai ada pemberitahuan resmi dari pemerintah bahwa situasi betul-betul sudah aman," kata seorang pengungsi Amri , Sabtu(23/1) dikutip ANTARA.

Ia mengaku, sebagian warga yang sempat mengungsi di Stadion Manakarra Mamuju, bahkan mengungsi ke luar Kota Mamuju karena belum merasa aman

"Ada sebagian pengungsi yang ke luar Kota Mamuju, seperti Topoyo dan Karossa Mamuju Tengah karena khawatir dan selalu was-was akan terjadi gempa susulan," kata warga tersebut.

Sementara, sebagian warga ada yang kembali ke rumah karena merasa sudah aman.

"Ada juga yang sudah pulang dan mulai membersihkan rumahnya. Tapi, mereka masih tidak berani tidur di dalam rumah tetapi tidur di teras rumah," tuturnya.

Sementara, salah seorang pengungsi di Kantor Bupati Mamuju juga mengaku lebih memilih tetap menempati tenda-tenda darurat dibanding kembali ke rumahnya yang juga retak akibat diguncang gempa.

"Kami masih memilih tinggal di sini (Kantor Bupati Mamuju) karena masih khawatir dan trauma kalau harus tinggal di rumah," ujar pengungsi tersebut.

Ia mengaku, sudah banyak relawan yang memberikan bantuan, termasuk ketersediaan air bersih di lokasi pengungsian tersebut cukup baik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X