Olshop Ini Lakukan Body Shaming Saat Promosi, Sebut Wanita Gemuk Induk Kingkong

- Sabtu, 29 Agustus 2020 | 14:09 WIB
Promosi bermuatan body shaming (Twitter/@AREAJULID/@fikriyul)
Promosi bermuatan body shaming (Twitter/@AREAJULID/@fikriyul)

Body shaming adalah sebuah tindakan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Body shaming merupakan tindakan mengomentari fisik orang lain secara negatif.

Misalnya, mengejek seseorang bertubuh gendut, kurus, pendek, atau tinggi. Body shaming termasuk bullying yang bisa dijerat pidana jika dilaporkan oleh korban.

Mirisnya, sadar atau tidak, beberapa iklan juga melakukan body shaming karena "mendewakan" tubuh langsing dan putih.

Baru-baru ini, beredar tangkapan layar sebuah online shop yang mempromosikan barang dagangannya, tapi dengan cara menghina orang lain.

Pemilik olshop tersebut melakukan body shaming kepada seorang wanita yang bertubuh gemuk dan mengatainya sebagai induk kingkong. Pemilik olshop tersebut melakukan penghinaan saat mempromosikan obat diet yang diklaimnya manjur.

"Astaghfirullah. Kalian jangan sampe seperti ini ya guyus. Ini bukan gajah lagi, ini mah induk kingkong. Obat diet manjur mommy ready." demikian tulisan dalam Instastory tersebut.

Tak ayal, foto yang viral di Twitter itu menuai kemarahan dari netizen. Beberapa mengungkap ada juga online shop lain yang malah menghina fisik orang lain saat mempromosikan barang dagangannya.

Misalnya, produk cream herbal untuk kulit yang juga bisa digunakan untuk pria, tapi penjualnya justru menekankan pria yang tidak terawat wajahnya itu bikin jijik dan ilfil.

Ada pula suplemen penggemuk yang mengatakan bahwa wanita kurus kerempeng bukanlah wanita idaman.

"Semoga kamu sendiri jadi seperti mba yg kamu katain itu ya. Biar kamu ngerasain gimana rasanya dikatain gitu. Coba deh, kalau mau ngehina ssorg, mau ngehujat, coba dulu posisikan diri kamu pada orang tsb, rasanya gimana?" komentar @dalgondalgandol.

"Ya Allah jadi inget dulu gue mutusin buat diet gegara dikatain anak kingkong, i can guarantee no pills and tea can help it. Sudah pembohongan publik, body shaming juga." tambah @typicalmortals.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X