Kominfo Tingkatkan Aksesibilitas TIK untuk Penyandang Disabilitas

- Kamis, 3 Desember 2020 | 17:50 WIB
Menteri Johnny G Plate. (Photo/Dok. Kominfo)
Menteri Johnny G Plate. (Photo/Dok. Kominfo)

Bertepatan Hari Disabilitas Internasional 2020 yang diperingati setiap 3 Desember, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan aksesibilitas Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) bagi kemudahan penyandang disabilitas.

"Saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia yang dapat menyelenggarakan Hari Disabilitas Internasional 2020 dengan tema 'Membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih aksesibel, dan berkelanjutan di saat dan pasca pandemi COVID-19'," ujar Menteri Johnny, dilansir dari Antara, Kamis (3/12/2020).

"Tema tersebut sejalan dengan peta jalan transformasi digital yang sedang difinalisasi oleh Kementerian Kominfo, di mana salah satu inisiatifnya adalah meningkatkan aksesibilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk penyandang difabel," lanjutnya.

Selain itu, Johnny juga mengatakan bahwa ketersediaan akses itu bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup penyandang difabel, termasuk akses ke pelayanan kesehatan, layanan pendidikan dan lapangan kerja, dan membuka peluang partisipasi di bidang ekonomi, budaya dan sosial di masyarakat.

Baca juga: 33 Guru MAN 22 Jakarta Barat Positif Covid-19 Hingga Jadi Klaster, Pulang Dari Study Tour

"Kami terus mendukung lahirnya lebih banyak forum publik dan kanal yang melibatkan kalangan difabel secara aktif. Mari kita perkuat solidaritas dan mengajak kalangan difabel untuk turut mengambil bagian integral dalam membangun bangsa," kata dia.

Johnny juga menerangkan bahwa penyelenggaraan acara Hari Disabilitas Internasional tahun 2020 menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia untuk menjangkau setiap lapisan masyarakat di seluruh Tanah Air tanpa terkecuali.

"Sebagaimana disampaikan oleh bapak Presiden RI, no one should be left behind, tidak ada yang ditinggal di belakang," terang Menteri Johnny.

Ia juga menerangkan pemerintah melalui program transformasi digital berupaya menginklusikan seluruh lapisan masyarakat dalam pembangunan, termasuk disabilitas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X