Amerika Serikat Resmi Keluar dari WHO

- Rabu, 8 Juli 2020 | 11:20 WIB
Presiden AS, Donald Trump. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Presiden AS, Donald Trump. (REUTERS/Kevin Lamarque)

Amerika Serikat (AS) akan resmi keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2021 mendatang, tepatnya pada Selasa (7/7).

Kabar ini diumumkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah organisasi tersebut menerima pemberitahuan resmi keputusan Presiden Donald Trump.

"Sekretaris Jenderal sedang dalam proses verifikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia apakah semua persyaratan untuk penarikan seperti itu dipenuhi," ujar juru bicara PBB, Stephane Dujarric.

AS sendiri sudah 70 tahun tergabung dalam keanggotaan WHO. Namun, belakangan ini hubungan Trump dan WHO tidak berjalan baik. Trump sempat menuduh WHO telah menjadi boneka Tiongkok di tengah pandemi COVID-19.

Untuk keluar dari organisasi kesehatan dunia tersebut, Trump harus memberitahunya satu tahun sebelum keluar.

Sebelumnya, dalam resolusi bersama Kongres AS tahun 1948, Washington diwajibkan untuk membayar dukungan keuangan kepada WHO. Namun, saat ini AS justru berutang  lebih dari 200 juta dolar AS.

Trump memutuskan berhenti mendanai WHO pada 18 Mei dan 2 minggu kemudian, Trump mengumumkan untuk berhenti dari keanggotaan.

Sejak menjabat sebagai presiden, ada sejumlah hal kontroversial yang telah dilakukannya. Ia telah keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB, perjanjian global untuk menangani perubahan iklim, dan kesepakatan nuklir Iran dan badan budaya PBB.

Selain itu, ia juga pernah memotong dan lembaga PBB yang membantu para pengungsi Palestina.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X