Transjakarta Batasi Operasional di 13 Rute Koridor Utama, Ini Daftarnya

- Senin, 15 Juni 2020 | 13:51 WIB
Sejumlah bus transjakarta berhenti di Halte Harmoni, Jakarta, Rabu (5/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Sejumlah bus transjakarta berhenti di Halte Harmoni, Jakarta, Rabu (5/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Manajemen PT Transjakarta menyampaikan selama masa penerapan PSBB transisi pihaknya masih menerapkan protokol darurat virus corona (Covid-19). Selama masa itu, Transjakarta hanya mengoperasikan armada di 13 rute utama di Jakarta untuk layani penumpang.

"Rute yang kami jalankan masih kami batasi 13 rute utama, di masa transisi ini, kami tambahkan di 3 rute koridor integrasi stasiun KCI," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Nadia menjelaskan, sebanyak 13 rute Transjakarta yang kini beroperasi akan terus dilakukan evaluasi setiap harinya. Pihaknya juga tidak segan akan melakukan penyesuaian segera jika keadaan mendesak dan diperlukan. 

"Kalau memang diperlukan kami akan segera lakukan penyesuaian," ujarnya. 

Dia menyebutkan, adapun sebanyak 13 rute ini juga telah disiapkan untuk dapat melayani masyakarat di lima wilayah administrasi di DKI Jakarta. Sehingga, layanan tersebut dapat dipastikan telah mencakup seluruh wilayah wilayah di DKI Jakarta. 

"Meskipun baru terbatas untuk koridor utama, tapi kami pastikan semua layanan sudah mencakup seluruh daerah di ibu kota," jelasnya.  

Dia juga menyebut, bahwa waktu operasi bus Transjakarta saat ini mulai pukul 05.00-22.00 WIB yang diberlakukan untuk umum. Sementara khusus untuk tenaga medis dan pendukung lainnya akan diberlakukan hingga pukul 24.00 WIB.   

"Operasional untuk tenaga kesehatan dengan 17 rute khusus, ke rumah sakit, ke puskesmas, ke laboratorium kami tidak ubah, masih tetap seperti semula saat PSBB diterapkan dan kami menyamakan waktunya dengan waktu shift tenaga kesehatan," tambahnya. 

Selain itu, Ia menerangkan bahwa selama penerapan PSBB transisi ini, penumpang bus transjakarta mengalami kenaikan mencapai 22% penumpang perharinya. 

Adapun selama penerapan PSBB ketat sebelumnya penumpang bus Transjakarta rata-rata mencapai  127.306 per hari di 13 koridor dengan pembatasan waktu operasional dari pukul 06.00-18.00 WIB untuk umum dan hingga pukul 24.00 untuk petugas medis. 

"Setelah PSBB transisi ini rata-rata jumlah pelanggan bus Transjakarta itu naik 22% per hari dengan waktu operasional yang masih dibatasi, namun ditambah dan penambahan rute integrasi KCI," tutupnya. 

Adapun rute yang beroperasi mulai 8 Juni lalu saat resmi diterapkannya PSBB transisi yaitu: 

  1. Koridor 1 : Blok M-Kota; 1B Stasiun Palmerah-Tosari; 1H Stasiun Tanah Abang-Gondangdia; 
  2. Koridor 2 : Pulogadung-Harmoni
  3. Koridor 3 : Kalideres-Pasar Minggu; 3F Kalideres-GBK
  4. Koridor 4 : Pulogadung 2-Tosari; 4C TU Gas-Bundaran Senayan; 4D Pulogadung 2-Kuningan
  5. Koridor 5 : Kampung Melayu-Ancol; 5c PGC 1-Harmoni
  6. Koridor 6 : ada Ragunan-Halimun; 6A Ragunan-Monas via Kuningan; 6B Ragunan-Monas via Semanggi; 6M Stasiun Manggarai ke Bundaran Senayan
  7. Koridor 7 : Kampung Rambutan-Kampung Melayu 
  8. Koridor 8 : Lebak Bulus-Harmoni; 8A Grogol 2-Harmoni
  9. Koridor 9 : Pinang Ranti-Pluit
  10. Koridor 10 : PGC 2-Tanjung Priok 
  11. Koridor 11 : Kampung Melayu-Pulo Gebang
  12. Koridor 12 : Penjaringan-Aunter Boulevard Barat
  13. Koridor 13 : Ciledug-Tendean; 13A Puti Beta-Blok M, 13C Puri Beta-Dukuh Atas; dan rute 13E Puri Beta-Kuningan.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X