The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tidak Berharap Apapun Terhadap Vonis 2 Penyerangnya, Novel Baswedan: Peradilan Sandiwara
Novel Baswedan. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
News

Tidak Berharap Apapun Terhadap Vonis 2 Penyerangnya, Novel Baswedan: Peradilan Sandiwara

Kamis, 16 Juli 2020 11:43 WIB 16 Juli 2020, 11:43 WIB

INDOZONE.ID - Novel Baswedan mengaku tidak berharap apapun terhadap vonis yang akan dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara pada Kamis ini (16/7/2020) kepada 2 orang terdakwa penyerangnya.

Novel menilai peradilan untuk dirinya itu sudah didesain untuk gagal dan hanya sandiwara saja.

"Saya tidak taruh harapan apapun, sekalipun dihukum berat apalagi dihukum ringan karena peradilan ini sudah didesain untuk gagal, seperti peradilan sandiwara," ungkap Novel Baswedan, dilansir Antara, Kamis (16/7/2020).

Dalam perkara ini,  JPU Kejaksaan Negeri Jakarta Utara menuntut 1 tahun penjara kepada Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis karena menilai para terdakwa tidak sengaja menyiramkan air keras ke mata Novel.

Pelaku mengaku hanya ingin memberikan pelajaran kepada Novel dengan menyiramkan asam sulfat ke badan namun di luar dugaan mengenai mata Novel.

"Proses sidang sudah sedemikian jauh belok, bagaimana mungkin bisa diharap pada putusannya? Kalau seandainya putusan berat tapi pelakunya bukan dia bagaimana? Belum lagi fakta sidang yang menjadi basis putusan, sulit bagi hakim merangkai sendiri fakta yang jauh berbeda dengan jaksa. Apakah baik putusan berat terhadap fakta yang bengkok?," kata Novel.

Menurut Novel, persidangan seharusnya untuk menemukan kebenaran materiil, bukan untuk justifikasi atas dasar kepentingan agar ada 'pelaku'. Sehingga, menurutnya, jika tidak ada kualifikasi bukti yang memadai, maka harus dibebaskan.

"Jangan sampai wajah hukum semakin rusak dengan banyaknya kejanggalan dalam proses hukum ini," kata Novel.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US