Hari Ini Gunung Sinabung Dua Kali Erupsi, Masyarakat Diimbau Waspadai Banjir Lahar

- Sabtu, 8 Agustus 2020 | 21:02 WIB
Gunung Sinabung erupsi (ANTARA)
Gunung Sinabung erupsi (ANTARA)

Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi pada Sabtu (8/8/2020) dinihari. Tepatnya pada pukul 01.58 WIB.

Erupsi memuntahkan material vulkanik setinggi  2.000 meter dari atas puncak gunung.

Erupsi ini juga menjadi yang pertama terjadi di era pandemi Covid-19.

"Tadi dini hari sekitar pukul 01.58 WIB terjadi erupsi freatik Gunung Sinabung dengan tinggi kolom erupsi sekitar 2000 meter di atas puncak," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani kepada wartawan.

Berdasarkan data yang dirilis situs MAGMA Indonesia, Gunung Sinabung kembali erupsi susulan pada Sabtu (8/8/2020) pukul 17:18 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.000 meter di atas puncak.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi ± 36 menit 23 detik," tulis situs itu.

Adanya peningkatan aktivitas vilkanik Gunung Sinabung membuat pemerintah menerbitkan tiga imbauan.

Pertama, masyarakat dan pengunjung diimbau tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Termasuk lokasi di dalam radius radial tiga kilometer dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Kedua, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik ketika terjadi hujan abu.

Masyarakat juga diimbau mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," tulis situs MAGMA Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X