Kapolda Papua Sebut Ada Markas KKB di Salah Satu Kampung di Intan Jaya Papua

- Rabu, 23 September 2020 | 11:23 WIB
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. (Dok Humas Polda Papua)
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. (Dok Humas Polda Papua)

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan di Kampung Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua merupakan markas basis Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bahkan ada lima kelompok KKB disana. Lokasi itu diketahui tempat dimana seorang pendeta tewas tertembak.

"Wilayah itu basis yang ditempati lima kelompok dari KKB," kata Irjen Paulus dalam keteranganya kepada Indozone, Rabu (23/9/2020).

Irjen Paulus mengatakan fakta itu menguatkan jika pendeta yang tewas di sana bukan ditembak oleh TNI melainkan KKB. Sebab, dititik itu tidak ada anggota TNI-Polri disana.

"Tudingan dari berbagai pihak menyebutkan penembakan itu dari TNI-Polri padahal di situ tidak ada anggota kita," ungkap Paulus.

-
Polda Papua mengamankan barang bukti berupa senjata tajam dari KKB. (Humas Polda Papua)

Lebih jauh jenderal polisi bintang dua itu menegaskan jika pihaknya akan menambah personel untuk menindak tegas para KKB. Dirinya juga akan berkoordinasi dengan pihak TNI dalam hal penindakan tegas terhadap KKB.

"Saya akan melakukan pertemuan dengan Pangdam Kodam XVII Cenderawasih guna pembahasan permasalahan itu dan mengambil langkah cepat dalam penanganan terhadap kelompok separatis dimana kita akan fokus penambahan anggota disana untuk melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB," kata Paulus.

Untuk diketahui, Mabes Polri sudah membeberkan data aksi kejahatan KKB selama kurun waktu tahun 2020 hingga bulan September. Tercatat ada sebanyak 46 kasus lebih kekerasan yang dilakukan KKB baik terhadap masyarakat sipil hingga TNI-Polri.

Terbaru, ada satu anggota TNI tewas ditembak KKB di Kabupaten Intan Jaya setelah sebelumnya ada dua tukang ojek yang tewas dibantai KKB. Belakangan ini ada seorang pendeta yang tewas tertembak diduga dilakukan oleh KKB.

Dalam kasus pendeta ini, KKB gencar menyebarkan berita jika pelaku penembakan adalah TNI. Polri sendiri sudah membantah berita yang masif disebarkan oleh KKB tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X