Majukan Pasar Ikan, KKP Dorong UMKM Perikanan Manfaatkan Dunia Digital

- Rabu, 23 September 2020 | 15:32 WIB
Ilustrasi ikan. (Pexels/Oziel Gómez)
Ilustrasi ikan. (Pexels/Oziel Gómez)

Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Machmud mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus aktif melakukan pembinaan, memfasilitasi, dan memberdayakan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing serta menjadi kebanggaan di negeri sendiri.

Upaya ini dikemas melalui program Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan tagar #PasarLautIndonesia. Menurutnya, gerakan ini sekaligus mendorong UMKM untuk  meningkatkan inovasi dan teknik pemasaran produknya melalui pemasaran digital serta marketplace.

Baginya platform sosial media yang banyak digunakan seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp dengan masing-masing memiliki pengguna lebih dari 50 juta orang. Bahkan pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai 130 juta orang bisa dimaksimalkan untuk mendukung pemasaran ikan melalui dunia digital.

"Kami mengharapkan agar UMKM sektor kelautan dan perikanan menjadi lebih unggul dan maju dengan memaksimalkan platform digital yang saat ini sangat berkembang," kata Machmud di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Dikatakannya, saat ini KKP telah menyeleksi lebih dari 1.300 UMKM yang memiliki produk unggulan untuk dipromosikan dan menjadi bagian dari program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) melalui Website www.pasarlautindonesia.id.

Kegiatan Pasar Laut Indonesia diawali dengan penjaringan UMKM yang dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu UMKM Binaan, UMKM Bagus dan UMKM Unggulan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembinaan dan pendampingan UMKM selanjutnya.

"Produk unggulan ini akan dipromosikan dengan beragam strategi pemasaran efektif melalui event dan media komunikasi konvensional maupun digital,” terangnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X