Ini Penjelasan Lion Air soal JT684 yang Gagal Mendarat di Pontianak

- Kamis, 14 Januari 2021 | 19:49 WIB
Pesawat Lion Air. (photo/Flickr/Clayton Ferguson)
Pesawat Lion Air. (photo/Flickr/Clayton Ferguson)

Manajemen Lion Air memberikan penjelasan mengenai penerbangan JT684 yang sempat batal mendarat di Bandara Supadio, Pontianak, Kalbar. Lion mengatakan jika langkah tersebut sudah sesuai prosedur.

"Lion Air penerbangan JT684 pada Rabu (13/1) rute Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) tujuan Pontianak melalui Bandar Udara Internasional Supadio di Kubu Raya, Kalimantan Barat (PNK), telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan sebagaimana pedoman protokol kesehatan," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangannya, Kamis (14/1/2021).

Danang melanjutkan, penerbangan JT684 telah dipersiapkan pihaknya dengan baik. Pesawat tersebut sudah diperiksa sebelum keberangkatan, dan dinyatakan layak terbang.

Lebih lanjut kata Danang, pesawat itu membawa tujuh awak pesawat dan 82 penumpang dewasa, tiga anak-anak dan dua balita. Pesawat JT684 lepas landas pada pukul 12.40 WIB dan diperkirakan tiba pukul 13.30 WIB.

"Pada saat mendekati Bandar Udara Internasional Supadio, pilot mendapat informasi dari petugas pengatur lalu lintas udara mengenai perubahan kondisi cuaca yang kurang baik (bad weather)," kata dia.

Karena kondisi cuaca yang buruk tersebut, pilot memutuskan untuk mengalihkan pendaratan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (BTH). Keputusan itu diambil karena jarak pandang yang pendek dan tak memenuhi persyaratan keamanan pendaratan di Bandara Supadio.

Pesawat Lion Air JT684 akhirnya mendarat dengan selamat di Bandara Hang Nadim pada pukul 15.15.

Namun setelah mendapat kabar bahwa jarak pandang di Bandara Supadio telah memenuhi kualifikasi lepas landas dan mendarat, Lion Air mempersiapkan kembali penerbangan ke Pontianak menggunakan nomor JT684D.

Lion Air JT684D lepas landas dari Bandara Hang Nadim pukul 16.18 WIB dan mendarat di Bandara Supadio pada 17.53 WIB.

"Lion Air meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Lion Air lainnya tidak terganggu," ujar dia.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X