Polri Beberkan Peran Zaim Saidi, Inisiator Pasar Muamalah hingga Jasa Penukaran Uang

- Rabu, 3 Februari 2021 | 15:49 WIB
Zaim Saidi. (Foto: Instagram/@zaim.saidi)
Zaim Saidi. (Foto: Instagram/@zaim.saidi)

Zaim Saidi, pendiri Pasar Muamalah Depok yang heboh lantaran bertransaksi dengan dinar dan dirham diciduk jajaran Bareskrim Polri. Mabes Polri pun membeberkan peran dari Zaim dalam kasus ini.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan Zaim berperan sebagai inisiator pembuat pasar tersebut. Zaim juga turut serta mengelola pasar itu.

"ZS berperan sebagai inisiator dan penyedia lapak Pasar Muamalah sekaligus sebagai pengelola dan sebagai Wakalainduk," kata Kombes Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Zaim juga berperan menyediakan jasa penukaran uang rupiah dengan dinar maupun dirham. Zaim juga mendapat keuntungan dari penukaran tersebut.

"Tersangka ZS menentukan harga beli koin dinar dan dirham sesuai harga PT Aneka Tambang ditambah 2,5 persen sebagai margin keuntungannya," beber Ramadhan.

Koin emas yang dijadikan alat transaksi tersebut sebesar 1/4 gram dan emas 22 karat. Sedangkan untuk dirham yang digunakan merupakan koin perak murni sebesar 2,975 gram

"Saat ini nilai tukar satu dinar setara dengan Rp4 juta rupiah sedangkan dirham setara dengan nilai Rp73.500," kata Ramadhan.

Sebelumnya dikabarkan, Bareskrim Polri menangkap Zaim Saidi yang merupakan pendiri dari Pasar Muamalah di Depok yang sempat viral. Viralnya pasar itu lantaran metode transaksi disana tidak menggunakan rupiah melainkan dinar dan dirham.

Kasusnya sendiri berkaitan dengan transaksi tanpa uang rupiah. Polri sendiri masih mendalami kasus tersebut.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X