The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Begini Cara Polisi Urai Kepadatan Arus Balik ke Jakarta Hari Ini dan Besok
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (8/6/2020). (INDOZONE)
News

Begini Cara Polisi Urai Kepadatan Arus Balik ke Jakarta Hari Ini dan Besok

Ini rinciannya.

Sabtu, 31 Oktober 2020 11:24 WIB 31 Oktober 2020, 11:24 WIB

INDOZONE.ID - Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah menyiapkan beberapa skenario untuk mengurai peningkatan volume kendaraan saat arus balik menuju Jakarta dan sekitarnya. Ada beberapa skenario yang dimiliki pihak kepolisian dan akan diterapkan jika volume kendaraan mulai meningkat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi peningkatan volume kendaraan pada arus balik yang terjadi mulai hari ini dan besok. Pihak Polda Metro Jaya juga terus berkoordinasi dengan polda-polda jajaran lainnya dalam hal pengamanan arus lalu lintas ini.

"Kita akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama," kata Kombes Sambodo kepada wartawan, Sabtu (31/10/2020).

Sambodo mengatakan skenario atau cara-cara pengurai volume kendaraan pun sudah disiapkan. Salah satunya dengan contra flow  hingga one way.

"Kita akan lakukan contra flow begitu masuk wilayah Polda Metro Jaya, kalau itu pun tidak bisa juga kita laksanakan sistem one way," beber Sambodo.

Tak cukup sampai di situ, Sambodo mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pengelola jalan tol. Artinya jika terjadi kepadatan lalu lintas di gerbang-gerbang tol, akan ada patrider tambahan atau bahkan polisi akan membuka gerbang tol tersebut agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Misalnya jika ada gerbang tol antreannya cukup panjang ada petugas yang berjalan dengan membawa patrider sehingga antrean bisa terurai bahkan jika antreannya mencapai 1 km kita akan berkoordinasi supaya tidak ada pembayaran tol yang penting masyarakat bisa kembali ke rumahnya masing-masing dalam keadaan aman dan lancar dan tentunya sehat," pungkas Sambodo.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Samsudhuha Wildansyah
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US