Wanita Melahirkan di Teras Puskesmas yang Sedang Tutup Pada Dini Hari Tanpa Bantuan Bidan

- Rabu, 24 Maret 2021 | 17:56 WIB
Wanita melahirkan di teras puskemas pada dini hari tanpa bantuan bidan. (istimewa)
Wanita melahirkan di teras puskemas pada dini hari tanpa bantuan bidan. (istimewa)

Seorang ibu muda Warga Desa Sawo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto melahirkan bayi di teras UPT Puskesmas Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo pada Senin (22/3/2021) dini hari.

Hal itu terjadi lantaran saat wanita itu tiba, puskesmas dalam keadaan tutup. Sementara wanita itu tiba pada dini hari untuk melakukan persalinan. Ia tidak menyadari jika puskesmas tersebut sedang tutup atau tidak membuka pelayanan selama buka 24 jam. 

Meski begitu, tanpa bantuan bidan, wanita yang diketahui bernama  Umi Nurlaila (31) itu akhirnya berhasil melahirkan bayi dengan selamat dibantu pihak keluarga yang datang bersamanya.

Selang beberapa saat setelah itu, seorang bidan desa yang mengetahui informasi tersebut langsung datang dan menangani wanita tersebut beserta bayinya.

Selanjutnya, setelah mendapat penanganan dan perawatan dari bidan desa tersebut, wanita dan bayinya diizinkan pulang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, Dr Sujatmiko mengatakan bahwa puskesmas tersebut memang tidak buka 24 jam karena UPT Puskesmas Pesanggrahan bukan puskesmas rawat inap melainkan hanya rawat jalan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X