Tanggal 1 Januari Tahun 1 Itu Hari Apa Sih?

- Kamis, 17 Desember 2020 | 13:22 WIB
Januari (Photo by Jess Bailey Designs from Pexels)
Januari (Photo by Jess Bailey Designs from Pexels)

Apakah kamu selalu berpikir bahwa hari pertama di dunia itu adalah hari Senin? Jika ya, maka kamu salah besar. Ternyata hari pertama di dunia itu adalah hari Sabtu.

Hal ini kami dapat usai mengumpulkan dari berbagai sumber. Setelah mencari tau dan melompat ke tanggal 1 Januari 0001, ternyata hari pertama di tanggal pertama pada tahun pertama tersebut adalah hari Sabtu.

Namun banyak juga yang mengatakan bukan hari Sabtu melainkan hari Minggu. Diketahui bahwa Kalender Julian yang digunakan pada saat terdahulu menempatkan hari Sabtu sebagai hari pertama di dunia.

Namun selama awal-awal tahun penggunaan Kalender Julian ini, dikabarkan ada sedikit kesalahan perhitungan tahun kabisat yang membuat hari pertama di dunia adalah hari Minggu.

Sedikit tambahan, penamaan hari berkaitan dengan tujuh benda langit. Di langit pertama ada Bulan, lalu Merkurius, Venus, Matahari, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Orang Romawi dan Yunani percaya ketujuh benda itu adalah dewa yang mempengaruhi kehidupan.

Pada jam 00.00, Saturnus-lah yang dianggap berpengaruh pada kehidupan. Karena itu, hari pertama disebut Saturday (hari Saturnus) atau Sabtu. Jika kita menghitung hari sampai tahun 1 Masehi, tanggal 1 Januari tahun 1, memang jatuh pada hari Sabtu.

Jam 00.00 berikutnya jatuh pada Matahari, jadi disebut hari Matahari (Sunday). Selanjutnya Moon's day (Monday), Tiw's day (Tuesday) -Tiw untuk Dewa Mars, Woden's day (Wednesday) -Woden untuk Merkurius, Thor's day (Thursday) -Thor untuk Jupiter. Terakhir adalah Freyja's day (Friday) -Freyja untuk Dewi Venus.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X