Dinilai Lambat, China Berencana Akan Memvaksinasi 40 Persen Masyarakatnya Pada Bulan Juni

- Rabu, 3 Maret 2021 | 15:20 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona (REUTERS/Ricardo Rojas)
Ilustrasi vaksin virus corona (REUTERS/Ricardo Rojas)

Pakar kesehatan di China mengatakan negara mereka tertinggal dalam peluncuran vaksinasi virus corona karena sebagian besar penyakitnya dapat dikendalikan. Tapi mereka berencana untuk menginokulasi 40 persen dari populasinya pada bulan Juni.

Dikutip dari India Today, Zhong Nanshan, pemimpin sekelompok ahli yang melekat pada Komisi Kesehatan Nasional, mengatakan bahwa negara tersebut telah mengirimkan 52,52 juta dosis vaksin COVID-19 pada 28 Februari.

Dia berbicara pada hari Senin di forum online antara ahli medis AS dan China diselenggarakan oleh Brookings Institution dan Tsinghua University.

Target tersebut adalah yang pertama ditawarkan China secara publik sejak memulai kampanye imunisasi massal, setelah penguncian pada pertengahan Desember.

China lambat memvaksinasi rakyatnya dibandingkan dengan negara lain, sejauh ini memberikan 3,56 dosis per 100 orang, menurut Zhong, dalam populasi 1,4 miliar.

Pakar kesehatan China mengatakan negara itu memiliki cukup pasokan vaksin untuk populasinya, meskipun negara itu telah berjanji untuk menyediakan hampir setengah miliar dosis di luar negeri, kira-kira 10 kali lipat dari jumlah yang telah diberikannya di dalam negeri.

“Kecepatan vaksinasi saat ini sangat rendah karena pengendalian wabah sangat baik di China, tetapi saya pikir kapasitasnya cukup,” kata Zhang Wenhong, pakar penyakit menular yang berbasis di Shanghai.

Pengembang empat vaksin yang saat ini disetujui di China mengatakan mereka dapat memproduksi hingga 2,6 miliar dosis pada akhir tahun ini. Namun, memvaksinasi populasi besar di China akan menjadi tugas yang menakutkan.

Bahkan dengan kecepatan memvaksinasi 10 juta orang per hari, dibutuhkan sekitar tujuh bulan untuk memvaksinasi 70% populasinya, kata Zhang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X