Banjir Bandang Jember, Gubernur Jatim Tinjau Lokasi Hari Ini

- Minggu, 2 Februari 2020 | 09:41 WIB
Banjir bandang Jember (Dok. BPBD Jember)
Banjir bandang Jember (Dok. BPBD Jember)

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember akan kunjungi lokasi banjir bandang di Desa Klungkung, Kabupaten Jember, Minggu (2/2/2020).

"Gubernur Jatim bersama Bupati Jember akan meninjau lokasi bencana banjir yang disertai lumpur dengan titik kumpul di Pos Perkebunan Kali Jompo," kata Plt. Kepala Bidang Layanan Media Komunikasi Publik Diskominfo Jember Agung di Jember.

Sesuai jadwal, rombongan Gubernur Jatim akan tiba di Pos Perkebunan Kali Jompo pada pukul 09.00 WIB.

Kemudian, berjalan kaki sejauh 50 meter karena akses jalan yang longsor, dan akan diusulkan akses jalan baru di Dusun Gendir, Desa Klungkung.

"Rencananya ada penjemputan dengan kendaraan 4x4 yang disiapkan oleh Raung Off Road untuk menuju lokasi bencana dan posko darurat," tambah dia.

Nantinya, Gubernur Jatim dijadwalkan juga akan berdialog dengan warga terdampak banjir bandang saat tiba di posko darurat Desa Klungkung.

Sebagai informasi, banjir bandang Jember terjadi pada Sabtu (1/2/2020) sore. Hal itu ditandai dengan aliran Sungai Jompo yang tiba-tiba meluap.

Luapan air sungai itu datang dengan debit air mencapai 150 cm. Aliran cukup deras ditambah material gelondongan kayu dan lumpur tersebut menyebabkan sebuah jembatan rusak.

Diketahui, sebanyak 15 rumah tergenang banjir disertai lumpur, serta akses jalan menuju Perkebunan Kalijompo terputus.

Berdasarkan data BPBD Jember, banjir bandang tersebut menyebabkan satu jembatan penghubung pabrik Perkebunan Kalijompo rusak berat (putus).

Kemudian, plengsengan Jalan Mawar terkikis dengan lebar 10 meter dan tinggi 5 meter, serta 15 rumah terendam lumpur di Kelurahan Slawu RT03/ RW01.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X