Warga Blitar Temukan Benda Kuno Menyerupai Mahkota Raja

- Jumat, 17 April 2020 | 13:00 WIB
Mahkota raja yang ditemukan di Blitar. (Istimewa)
Mahkota raja yang ditemukan di Blitar. (Istimewa)

Seorang warga Desa Candirejo, Blitar yang juga merupakan penambang pasir sungai aliran lahar Gunung Kelud, Wasito, menemukan benda kuno yang diduga merupakan mahkota raja.

Benda tersebut ditemukan sekitar 300 meter dari Candi Kalicilik peninggalan Kerajaan Majapahit. Wasito awalnya sempat mengira bahwa mahkota tersebut hanya panci bekas.

"Saat pertama kali ditarik suami saya, sempat dikira panci bekas," kata istri Wasito, Endri, Rabu (15/4/2020).

Kondisi mahkota tersebut nyaris utuh dan tidak ada bagian yang berkarat. Tinggi benda yang diduga mahkota tersebut yaitu sekitar 24 cm. Di bagian depannya tampak ukiran bermotif kepala naga.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ndorobeii (@ndorobeii) on

Wasito kemudian melaporkan hasil temuannya tersebut ke pihak kepala desa dan laporan tersebut kemudian diteruskan ke Pemkab Blitar.

Pemkab Blitar kemudian datang ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Setelah itu, Pemkab Blitar melaporkan benda kuno tersebut ke Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

"Kami mengunjungi langsung dan memastikan sebelum tim BPCB datang. Harapannya tim segera datang, melakukan penelitian dan memastikan," kata Kepala Disporbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X