Soal Jersey dari Presiden Argentina, KPK Beri 2 Opsi untuk Jokowi 

- Kamis, 27 Juni 2019 | 14:44 WIB
doc. Setkab.go.id
doc. Setkab.go.id

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, memberikan dua opsi kepada Presiden Joko Widodo soal jersey bernomor punggung 10 dari Presiden Argentina, Mauricio Macri. 

KPK memberikan dua pilihan kepada Jokowi setelah melaporkan barang pemberian itu, antara lain menyerahkan jersey atau memberikan sejumlah uang kepada negara.

"Kalau Pak Jokowi suka dengan jersey itu, tinggal membayar ke negara senilai harga tersebut. Atau diserahkan ke KPK untuk kapan-kapan dilelang," kata Saut. 

Saut optimistis Jokowi bakal melaporkan jersey itu 30 hari kerja setelah penerimaan. Dia yakin karena sang presiden selalu melaporkan jika ada dugaan penerimaan gratifikasi. 

"Becermin sebelumnya, biasanya Pak Jokowi dengan sendirinya akan melaporkan," ujar Saut.

Sebelumnya, Jokowi mendapat cedera mata itu dari Mauricio setelah keduanya melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019). 

Mauricio memberikan jersey tim Tango setelah Jokowi memberikan hadiah sebuah bola sepak buatan Majalengka, Jawa Barat. Bola itu buatan PT. Triple S yang sudah mendapat lisensi FIFA dan boleh digunakan dalam pertandingan Piala Dunia maupun UEFA.

Agenda pertukaran hadiah yang dilakukan Jokowi dan Mauricio di ruang Teratai, Istana Bogor itu memiliki makna pengeratan solidaritas dan persahabatan antara Indonesia dan Argentina.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X