Pertanyaan Basa Basi yang Harus Dihindari dalam Obrolan

- Kamis, 27 Juni 2019 | 17:04 WIB
iStock
iStock

Orang Indonesia dikenal dengan karakter ramah tamah. Salah satunya, dalam hal memulai percakapan, pasti ada saja hal yang ditanyakan, mulai dari yang penting sampai hanya basa-basi saja.

Ternyata, basa-basi ini tidak selamanya berujung baik. Karena, ada beberapa orang yang justru merasa tersinggung dengan pertanyaan basa-basi ini. Sebab, terkesan seolah tidak serius.

Untuk itu, kamu perlu tahu beberapa pertanyaan basa-basi ini yang harus dihindari ketika memulai obrolan dengan orang baru:

1. Mengomentari Bentuk Tubuh

-
Unsplash

Yang pertama ini bisa disebut body shaming. Pasalnya, basa-basi ini menjurus pada fisik yang dimiliki seseorang. Tak jarang, karena ini pula banyak orang yang tersinggung karena pertanyaanmu. Misalnya, "eh, kamu sekarang gemukan ya", atau "ih kok kurus banget sih sekarang?", atau bahkan yang ini, "kamu kok beda ya dari biasanya, lebih cakepan yang dulu".

2. Menanyakan Kehidupan Pribadi

-
Unsplash

Catatan, untuk topik-topik penting seperti pernikahan, keluarga, kehamilan, agama, dan kepercayaan adalah hal yang sensitif dalam pembicaraan. Apalagi, ini diutarakan kepada orang yang mungkin belum menikah di usia menjelang 30-an, atau yang belum punya anak setelah menikah sekian tahun, atau malah menanyakan soal aktivitas ibadah seseorang.

3. Memulai dengan Pertanyaan Seputar Keuangan

-
Pixabay

 

Ini pun sangat sensitif dan sering menyinggung perasaan seseorang. Seputar keuangan adalah ranah privasi, maka hindarilah menanyakan hal ini ketika berbicara dengan seseorang. Misalnya, "eh, gaji kamu sekarang berapa?", atau malah membandingkan dengan orang lain, "si anu gajinya uda sekian juta loh, kamu gajinya lebih tinggi dari dia nggak?".

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X