4 Tragedi Hilangnya Para Pendaki di Gunung

- Kamis, 4 Juli 2019 | 14:26 WIB
Pexels/Erick Sanman
Pexels/Erick Sanman

Sejauh ini, ada banyak kisah tentang hilangnya para pendaki gunung. Mereka dikabarkan hilang saat perjalanan menuju puncak gunung. Alasannya pun beragam. Ada yang hilang karena melanggar aturan gunung, tidak berhati-hati selama pendakian, atau cerita misterius lainnya.

Hilangnya para pendaki gunung ini pun seolah menjadi hal yang tak luput dari cerita saat mendaki. Kebanyakan dari mereka yang hilang ditemukan sudah tidak bernyawa atau bahkan tidak pernah diketahui kabarnya.

Dari sekian banyak cerita hilangnya para pendaki di gunung, berikut ini 4 di antaranya:

1. Indra Wijaya Arta Kesuma

-
Istimewa

Warga Palangkaraya ini sempat dilaporkan hilang di kawasan Gunung Muro Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah sejak Jumat (31/5).

Indra tersesat ketika mendengar suara seperti tiang listrik dipukul besi saat perjalanannya mendaki gunung. Dia kemudian berniat mengejar suara itu. Namun, bukannya menemukan sumber suara, Indra justru tersesat. Hingga akhirnya, Indra menemukan sebuah pondok.

Selama di sana, dia menunggu warga lewat untuk meminta bantuan. Dia pun bertahan hidup hanya dengan makan umbut, pisang, dan air sungai. Setelah hampir sepekan dilakukan pencarian, Indra akhirnya ditemukan dalam kondisi masih hidup meski tubuhnya kurus dan lemas.

2. Alvi Kurniawan

-
Instagram/@mountnesia

Pemuda berusia 20 tahun ini dinyatakan hilang ketika melakukan pendakian di Gunung Lawu. Awalnya, Alvi punya niat balapan menuju puncak dengan seorang pendaki wanita asal Wonosobo. Dua jam setelah balap lari itu, perempuan tersebut kelelahan dan memutuskan berhenti sejenak.

Namun, Alvi yang merasa ingin sampai duluan di puncak gunung, dia pun melanjutkan pendakian sendiri mulai dari Pasar Dieng. Sayangnya, Alvi tidak pernah lagi pulang ke rumah. Kemungkinan Alvi tersesat di tengah perjalanan dan hilang. Sampai hari ini, keberadaan Alvi tidak pernah diketahui lagi.

3. Aris Prabowo

-
fajar.co.id

Aris Prabowo dikabarkan hilang tiba-tiba dalam perjalanan mendaki Gunung Ijen Banyuwangi, Jawa Timur, pada awal tahun 2017. Kejadian bermula saat Aris bersama 8 orang temannya merayakan tahun baru di gunung dengan ketinggian 2.443 mdpl.

Di tengah perjalanan mendaki itu, mendadak Aris tidak terlihat dalam barisan rombongan. Teman-temannya mengira Aris buang air kecil. Mereka pun melanjutkan perjalanan. Namun, sejam berselang sesampainya mereka di puncak Ijen, Aris masih tidak terlihat.

Beberapa temannya mencoba turun kembali untuk menemukan Aris. Setelah 30 jam mencari, akhirnya Aris ditemukan dalam keadaan linglung dan hanya mengenakan pakaian dalam. Dari ceritanya, sebelum menghilang dia sempat dikawal oleh tiga polisi yang membawa pedang.

4. Taufik Budi Prasetio

-
Istimewa

Kejadian ini bermula saat tiga orang pemuda melakukan pendakian ke Gunung Rinjani selama tiga hari dua malam. Mereka menginap di kawasan Segara Anak. Taufik bersama salah seorang temannya mengambil air di sumber mata air dekat kawasan tersebut.

Kemudian, mereka mengabadikan foto dan kemudian Taufik mengajak temannya itu berendam air panas di sana. Temannya menolak dan kembali ke tenda lebih dulu. Tak lama kemudian, temannya kembali untuk mencari Taufik. Namun, Taufik menghilang. Mereka pun melakukan pencarian, hingga keesokan harinya, Taufik ditemukan meninggal di salah satu sumber air Segara Anak.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X