Milenial Cari Rumah Rp500 Juta Dilengkapi Akses Transportasi Umum

- Kamis, 26 September 2019 | 10:42 WIB
Perumahan (Panorama Bintaro)
Perumahan (Panorama Bintaro)

Jumlah milenial di Indonesia diperkirakan mencapai 81 juta jiwa, ini sebagai potensi pasar yang siginifikan untuk pasar properti tanah air. Namun, Gaya hidup milenial yang instan, tidak ribet, fleksibel berharap memiliki fasilitas lengkap dalam satu lingkungan.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengungkapkan, keinginan dan minat milenial untuk membeli dan memiliki rumah cukup besar. Namun, generasi ini masih belum memiliki perencanaan yang matang dalam rencana membeli rumah.

Dari pola pencarian lewat situs, preferensi rumah yang dicari para Milenial pada kisaran harga menengah dan syaratnya harus dekat dengan transportasi umum.

Hampir 60 persen, saat ini pencarian rumah lewat situs, lebih banyak didominasi dengan rentang isia 21 tahun sampai 39 tahun. Dengan pencarian rumah didominasi yang mencari harga Rp500 juta. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatatkan, telah menyalurkan subsidi perumahan melalui sejumlah program yang sudah berjalan seperti KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga Kredit Perumahan (SSB), dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Hingga 17 September 2019, dana KPR FLPP yang telah tersalurkan senilai Rp 5,57 triliun bagi 57.949 unit rumah atau sebesar 78,5 persen dari dana FLPP tahun 2019 sebesar Rp 7,1 trilun untuk 68 ribu unit rumah. 

Ketua Real Estate Indonesia (REI) Sulaiman Sumawinata menegaskan, pasar properti untuk komersial masih mengalami stagnasi dan kelesuan itu dimulai sejak 2015 lalu.

Namun, REI pihaknya optimis dengan berbagai kampanye dan pameran, agar masyarakat membelanjakan uangnya di sektor properti terutama hunian.

"Ada tabungan masyarakat yang jumlanya 400 triliun yang hanya disimpan di bank, kami berharap mereka membelanjakannya," ujarnya.

Dalam satu pekan ini, Pameran Indonesia International Property Expo (IIPEX) 2019 yang resmi dibuka di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Pameran properti ini digelar serentak di empat kota besar, Jakarta, Surabaya, Bali dan Surabaya dan berlangsung mulai 21-29 September 2019.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X