Suarakan Lawan Perubahan Iklim, Ribuan siswa Lakukan Unjuk Rasa

- Sabtu, 21 September 2019 | 10:11 WIB
 REUTERS/Cordelia
REUTERS/Cordelia

Jumat (20/09/19) waktu setempat, ribuan siswa sekolah turun ke jalan-jalan di Australia dan negara lain Asia-Pasifik untuk memulai aksi global yang meminta para pimpinan mengadakan konferensi tingkat tinggi PBB terkait dengan permasalahan iklim.

Pertemuan ini dimaksudkan untuk mengambil langkah darurat guna menghentikan bencana lingkungan hidup.

-
REUTERS/Cordelia

 

Salah satu papan yang dibawa oleh para siswa bertuliskan, "Kami tidak memulai, tetapi kami mencoba melawan,".

Di media sosial beredar perbincangan tentang aksi protes perubahan iklim besar-besaran yang terjadi di seluruh Australia, termasuk kota-kota pedalaman seperti Alice Springs.

-
Steven Saphore/via REUTERS

 

"Permukaan air laut terus naik, sehingga kami memberontak," demikian tertulis di papan lainnya yang dibawa oleh seorang peserta aksi yang mengenakan seragam sekolah di Melbourne.

Aksi protes ribuan siswa ini terinspirasi dari aksi aktivis Swedia bernama Greta Thunberg yang masih berusia 16 tahun. Aksi ini diperkirakan akan berlangsung di 150 negara.

Aksi tersebut bertujuan untuk mendesak pemerintah, agar segera mengambil langkah untuk meminimalisir dampak berbahaya dari perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

-
Twitter/@ricardguatepics

 

Puncak dari aksi ini terjadi di New York saat Thunberg dinominasikan sebagai penerima Nobel Peace Prize untuk aktivisme iklimnya, memimpin unjuk rasa di markas PBB.

Dalam cuitannya di akun Twitter GretaThunberg, Thunberg mengatakan "jumlah massa besar" di Sydney menjadi standar aksi-aksi yang terus menjalar di Asia, Eropa dan Afrika.

Pada Jumat siang, para peserta aksi di Sydney memadati area terbuka seluas 34 hektare. Massa dengan jumlah serupa juga turun ke jalan di Brisbane dan kota-kota besar lainnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X