Di 2025, Pergi Dari Jakarta ke Surabaya Cuma 5 Jam

- Rabu, 25 September 2019 | 09:38 WIB
Penandatanganan kelanjutan Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api (KA) Jakarta - Surabaya (Kereta Semi Cepat). (Kemenhub).
Penandatanganan kelanjutan Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api (KA) Jakarta - Surabaya (Kereta Semi Cepat). (Kemenhub).

Waktu tempuh perjalanan JakartaSurabaya bakal menjadi sekitar 5 Jam 30 menit, dengan menggunakan kereta cepat  yang bakal beroperasi dengan kecepatan 160 Km/Jam. Pembangunan kereta cepat ini, dengan memakai dana dari Jepang

Pemerintah Indonesia dan Jepang telah menandatangani kelanjutan Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api (KA) Jakarta – Surabaya (Kereta Semi Cepat) melalui penandatanganan Summary Record On The Java North Line Upgrading Project di Jakarta, Selasa (24/9). 

Kesepakatan antara Indonesia dan Jepang, terkait hal teknis seperti lebar jalur, jenis konstruksi, sistem persinyalan, desain kecepatan dan jenis sarana perkeretaapian (rollingstock).

Selain itu, kesepakatan tahapan konstruksi, sterilisasi ruang milik jalur kereta api (Rumija) dengan pembangunan perlintasan tidak sebidang, baik berupa flyover, underpass dan jembatan Penyeberangan Orang (JPO), pemberdayaan industri kereta api nasional atau konten local (local content) serta skema pembiayaan proyek melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) tercantum dalam summary record.

Tahapan selanjutnya, adalah pelaksanaan preparatory survey oleh Tim JICA yang dijadwalkan akan selesai pada bulan Oktober 2020. Lalu, Pada Bulan Juni 2019 sampai dengan Oktober 2020 nanti,Jepang melalui JICA akan melaksanakan preparatory survey on java north line upgrading project.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, sejak 2017 Jepang, sudah sangat berperan aktif dalam proyek ini. Pada akhir Mei 2020, Tim Konsultan JICA akan memberikan hasil awal studi.

"Hasil studi diharapkan dapat memberikan gambaran objektif bagi Pemerintah Indonesia dalam mengambil keputusan, baik secara teknis, skema pembiayaan proyek maupun kebijakan operasional,” ujarnya. 

Untuk pelaksanaan pengadaan tanah dijadwalkan pada Tahun 2021 dan pelaksanaan konstruksi proyek ini diperkirakan dapat dimulai pada Tahun 2022, sehingga diharapkan pertengahan Tahun 2024 sebagian segmen sudah dapat dioperasikan. 

“Kami berharap segmen Jakarta – Cirebon dapat beroperasi terlebih dahulu pada Tahun 2024 dilanjutkan pengoperasian segmen berikutnya secara bertahap. Jadi kita harapkan 2025 sudah selesai sampai Surabaya,” kata Menhub.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X