Soal Polantas yang Tendang Pengendara Motor di Bima, Polda: Oknum Telah Diperiksa

- Kamis, 30 September 2021 | 09:16 WIB
Oknum polisi yang tendang dan pukul pemotor di Bima. (Foto/tangkapan layar/Facebook/Gili Meno-Island)
Oknum polisi yang tendang dan pukul pemotor di Bima. (Foto/tangkapan layar/Facebook/Gili Meno-Island)

Beredar sebuah video yang menampilkan oknum polisi lalu lintas di Bima, Nusa Tenggara Barat, tampak menendang dan memukul seorang pengendara motor.

Pada video berdurasi hampir 3 menit itu, tampak 3 orang oknum polisi tengah menindak pengendara sepeda motor. Tampak 2 orang di antaranya memakai seragam polantas, sedangkan 1 orang lagi memakai seragam Propam, lengkap dengan rompi anti peluru dan membawa senjata laras panjang.

Terkait video yang viral di media sosial itu, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko angkat bicara dan mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi di Jalan Kalaki, Desa Panda, Bima, Nusa Tenggara Barat, Senin (27/9).

Kejadian tersebut diketahui terjadi saat Operasi Patuh Rinjani 2021. AKBP Heru mengatakan bahwa pengendara motor yang terekam dalam video itu adalah warga Desa Tenga, Kecamatan Woha, Bima.

"Kami mengakui terjadi aksi pemukulan kemarin oleh anggota kami saat pelaksanaan Operasi Patuh Rinjani," kata AKBP Heru, Rabu (29/9).

Peristiwa tersebut diketahui terjadi karena si pengendara tak bisa menunjukkan SIM dan STNK, sehingga berujung cekcok dengan oknum polisi.

Setelah kejadian itu viral, kepolisian langsung memanggil oknum polisi tersebut untuk menjalani pemeriksaan Provos dan ditahan sesuai UU Nomor 2 Tahun 2003 soal Peraturan Disiplin Anggota Polri.

AKBP Heru juga mengatakan bahwa pihaknya telah datang ke keluarga pemotor guna menyampaikan permohonan maaf.

"Alhamdulillah permintaan maaf kami diterima baik oleh orangtua korban," kata Heru.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan bahwa oknum polantas tersebut tengah diperiksa.

"Statusnya terperiksa karena segera menjalani proses sidang disiplin," kata Artanto.

Artikel Menarik lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X