The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Elektabilitas Tinggi, Sandiaga Uno Bisa Menjadi 'Kuda Hitam' Pilpres 2024
Menparekraf Sandiaga Uno (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
News

Elektabilitas Tinggi, Sandiaga Uno Bisa Menjadi 'Kuda Hitam' Pilpres 2024

Minggu, 26 September 2021 17:30 WIB 26 September 2021, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Partai Gerindra berpeluang mengusung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 karena memiliki elektabilitas yang tinggi.

"Elektabilitas Sandiaga Uno selalu masuk lima teratas di beberapa hasil survei selama Mei hingga Agustus 2021. Elektabilitas Sandiaga semakin melejit usai menduduki jabatan menteri," kata Direktur Eksekutif Party Watch (Parwa) Institute Muh Jusrianto, Minggu (26/9/2021).

Berdasarkan survei Indonesia Political Opinion (IPO) pada 15 Agustus 2021, Sandiaga berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 13,5%.

Lalu, berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitasnya berada di urutan keempat dengan perolehan 6,9 %.

Kemudian, survei Indikator pada 5 Mei 2021 menunjukkan Sandiaga di urutan kelima dengan perolehan elektabilitas nilai 11,1%.

Kinerja Sandiaga Uno sebagai menteri juga dinilai memuaskan. Hal itu dibuktikan dengan hasil tiga lembaga survei yang selalu menempatkan Sandiaga masuk tiga besar.

"Bahkan, Puspoll Indonesia pada 20 hingga 29 April 2021 menunjukkan bahwa Sandiaga menempati urutan teratas kinerja terbaik dengan 11,3 persen merespons sangat baik, 68,5 persen menilai cukup baik," kata Jusrianto.

Menurut Jusrianto, sosok Sandiaga Uno dalam kancah perpolitikan nasional sulit diprediksi.

"Kita lihat saja pada Pilkada DKI Jakarta 2017, ketika pertama kali Sandiaga maju dalam kontestasi dia bisa mendongkrak suara dan memenangkan pertarungan bersama Anies Baswedan," ujarnya.

Sandiaga kembali membuat kejutan saat dipasangkan dengan Prabowo Subianto sebagai Cawapres tahun 2019, dan kini dipercaya menduduki jabatan Menparekraf oleh Presiden Jokowi yang menjadi pesaingnya di Pilpres.

Sandiaga dianggap punya sejumlah modal, mulai dari intelektual, modal sosial, modal ekonomi hingga kemampuan kepemimpinannya.

"Pilpres 2024 bisa jadi miracle terulang bagi Sandiaga. Misalnya, Gerindra mengusung Sandiaga apakah sebagai Capres atau Cawapres, sedangkan Prabowo jadi king maker," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US