Ratusan Batang Ganja Ditemukan Ditanam di Hutan Adat Kerinci Jambi

- Jumat, 5 November 2021 | 10:42 WIB
Polisi saat menemukan ladang ganda. (Foto/Istimewa)
Polisi saat menemukan ladang ganda. (Foto/Istimewa)

Ratusan batang ganja ditemukan polisi tertanam di hutan adat, Desa Lempur Mudik, Kabupaten Kerinci, Jambi. Ratusan batang ganja itu tertanam di atas lahan 0,5 hektar.

"Penemuan adanya lokasi penanaman ladang ganja ini berawal dari informasi masyarakat yang kemudian disampaikan kepada Polres Kerinci, bahwa di hutan itu ada lahan yang berisi tanaman ganja luasnya mencapai 0,5 hektar," ujar Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto, Jumat (5/11).

Mendapat laporan dari masyarakat, polisi langsung membentuk tim khusus, dan benar mereka menemukan ladang ganja itu di dalam hutan. Polisi menduga kalau tanaman itu sengaja ditanam di hutan agar keberadaannya sulit dilacak.

"Ternyata informasi itu berhasil diketahui, Kapolres Kerinci lalu membentuk tim khusus, yang terdiri dari Kabag Ops, Kasat Sabhara beserta personel sabhara dan bagian narkoba untuk mencari tanaman itu, dan kemudian berhasil menemukannya," kata Mulia.

Tanaman ganja itu ditemukan polisi pada Kamis (4/11) sore sekitar pukul 15.30 WIB. Butuh waktu 3 jam untuk polisi menuju ke lokasi lantaran letaknya yang memang jauh dari pemukiman.

"Untuk mencapai lokasi ini memang memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan, 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan dan 2 jam ditempuh dengan berjalan kaki lantaran akses ke hutan itu jalannya sangat buruk," katanya lagi.

Selain menemukan batang ganja siap panen, polisi juga menemukan batang ganja yang masih dalam pembibitan, Hingga kini, polisi belum menemukan siapa pemilik ladang ganja itu.

"Barang buktinya sudah dicabut semua oleh anggota di sana, dan sudah diamankan ke Polres Kerinci. Selanjutnya karena belum diketahui siapa pemiliknya, kasus ini masih dalam pengembangan dan penyidikan lebih lanjut oleh Polres Kerinci," pungkas Mulia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X