Anies Sebut Mudik Bisa Jadi Momen Kedekatan Orang Tua dengan Anak

- Rabu, 27 April 2022 | 17:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta para pemudik untuk tidak terlalu sering bermain handphone (HP) selama menempuh perjalanan ke kampung halaman. Ia mengimbau warga dapat manfaatkan waktu dengan kegiatan lain. 

Anies menyebutkan pemudik dapat memanfaatkan waktu bersama keluarga selama diperjalanan. Hal itu disampaikannya ketika melepas warga yang mudik bersama keluarga di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. 

"Nah bapak ibu sekalian hape ini dipake untuk komunikasi, komunikasi ya begitu perjalanan dimulai HP-nya disimpan baik baik jangan dipakai sepanjang jalan," ucap Anies di lokasi, Rabu (27/4/2022). 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, perjalanan mudik dapat dimanfaatkan orang tua dengan menceritakan pengalaman hidupnya, salah satunya soal kedatangan mereka ke Jakarta. 

Baca Juga: H-5 Lebaran, Pemudik di Stasiun KA Gambir Membludak

"Gunakan perjalanan ini untuk mendongeng pada anak-anak ceritakan perjalanan hidup bapak ibu sekalian kenapa dulu sampai di Jakarta bagaimana kisahnya berangkat dari kampung dulu," ungkapnya. 

Kemudian menurut Anies, opsi lainnya yang bisa dilakukan para orang tua selama perjalanan adalah dengan menunjukan tempat menarik yang indah, agar anaknya mengetahui keindahan dari alam di negeri ini. 

"Tunjukan titik sepanjang perjalanan yang menggambarkan keindahan Indonesia tunjukan negeri ini negeri yang indah biar anak-anak kita sepanjang perjalanan memiliki pengalaman," tandas Anies. 

Seperti diketahui sebelumnya, Pemprov DKI menyediakan 11.680 kursi untuk mudik dan 8.000 kursi untuk arus balik. Pemudik diberangkatkan menggunakan 292 bus yang disediakan di sejumlah terminal. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X