Cerita Pemudik yang Terjebak Macet Panjang di Tol Cikampek: Antriannya Parah Sekali!

- Jumat, 29 April 2022 | 13:29 WIB
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (ANTARA/M Risyal Hidayat)
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (ANTARA/M Risyal Hidayat)

Menjelang H-3 Idul Fitri 1443 H volume arus lalu lintas kendaraan di jalan tol Jakarta-Cikampek terus meningkat. Akibatnya kemacetan pun tak bisa dihindarkan bagi mereka yang ingin pergi mudik melalui tol Jakarta-Cikampek.

Begitu yang dialami oleh salah satu pemudik asal Tangerang Selatan, Hafiz Bimastian (28). Dia berencana untuk mudik ke kampung halaman di Surabaya, namun untuk mencapai ke sana dia harus melewati kemacetan yang terjadi di tol Jakarta-Cikampek terlebih dahulu.

Hafiz berangkat pada Jumat (29/4/2022) pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Dengan mengenakan kendaraan pribadi bersama keluarganya, dia tancap gas melalui tol Jakarta-Cikampek dan kemudian kemacetan sudah dihadapinya.

"Antriannya parah sekali di Cikampek," ujar Hafiz saat dihubungi Indozone, Jumat (29/4/2022).

Dia bercerita, kemacetan yang terjadi di tol Jakarta-Cikampek disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari kecelakaan mobil pick up yang terbalik di tengah ruas jalan tol.

Baca Juga: Contraflow Kembali Diberlalukan di Tol Japek dari KM 47-70

Kemudian, kata Hafiz, banyak juga mobil pemudik yang singgah di bahu jalan untuk sejenak melalukan istirahat lantaran kemacetan yang terjadi di sana. Hal ini disebut menjadi pemandangannya kala melewati jalan tol Jakarta-Cikampek.

"Macet di Cikampek hampir tiga jam lebih yang crowded. Banyak mobil-mobil pemudik yang singgah di bahu jalan untuk istirahat, buang air kecil, sama ada yang mantau mesin mobilnya. Itu lumayan membuat arus lalu lintas menjadi padat," jelas Hafiz.

Setelah melewati kemacetan yang terjadi di tol Jakarta-Cikampek dan masuk di tol Palimanan arus lalu lintas oneway telah diterapkan petugas di lapangan. Kini Hafiz sedang menepi di rest area KM 208 tol Palimanan-Kanci setelah menempuh perjalanan selama tujuh jam.

Dia pun sedikit bercerita terkait kondisi rest area di jalan tol selama dia berjalan. Menurut Hafiz kebanyakan rest area diisi oleh pemudik yang ingin beristirahat dan sehingga mobil banyak terparkir di pinggir jalan tol sebelum masuk rest area.

"Kondisi rest area aja penuh banget, parkir-parkir mobil sampai ke pinggir jalan tole sebelum masuk rest area," ucap Hafiz. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X