Kronologi Singkat Tewasnya Kabinda Papua saat Kontak Tembak dengan KKB

- Senin, 26 April 2021 | 11:07 WIB
Kepala BIN Papua tewas ditembak KKB di Papua (Istimewa)
Kepala BIN Papua tewas ditembak KKB di Papua (Istimewa)

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha tewas pasca baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Lantas, bagaimana kronologi lengkap insiden tersebut?

Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto menyebut insiden itu terjadi pada Minggu, 25 April 2021 yang lalu. Kala itu, korban datang ke TKP atau ke Kampung Dambet dalam rangka observasi.

"Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet adalah dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi brutal Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua di wilayah tersebut," kata Wawan saat dihubungi Indozone, Senin (26/4/2021).

BACA JUGA: Jenazah Kepala BIN yang Ditembak KKB di Papua Dievakuasi dari Beoga ke Timika

Pada pukul 15.50 WIT, saat rombongan berjalan menuju Kampung Dambet dihadang oleh KKB. Aksi baku tembak pun terjadi kala itu.

"Sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Akibat kontak tembak tersebut, Kabinda Papua tertembak dan gugur," beber Wawan.

Lebih jauh Wawan mengatakan insiden ini membuktikan jika BIN mempertahankan NKRI di tanah Papua. Insiden ini disebutnya sama sekali tidak menyurutkan mental intelijen termasuk aparat keamanan TNI-Polri.

"Kejadian ini tidak akan menyurutkan mental dan moril insan Intelijen maupun aparat keamanan lainnya dalam memberantas segala ancaman nasional," pungkas Wawan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X